You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Karena dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, justru terjadi trend peningkatan.
Di Bulan Ramadhan yang sebagian besar masyarakat menjalankan ibadah puasa, cenderung menyebabkan terjadi penurun.
photo doc - Beritajakarta.id

Volume Sampah Meningkat Saat Ramadhan

Tingginya tingkat konsumsi masyarakat di bulan Ramadhan, khususnya saat berbuka puasa dan makan sahur membuat volume sampah diperkirakan akan meningkat.

Bulan puasa pasti volume sampah akan naik, terutama sampah plastik dan batok kelapa. Kami minta masyarakat, terutama pedagang untuk membuang sampah tepat pada waktunya

Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara, Zainuri, mengakui bulan puasa akan terjadi peningkatan volume sampah. Jika biasanya sampah yang dihasilkan mencapai 1.400 ton per hari, maka di bulan Ramadhan akan meningkat sekitar 5 persen atau sekitar 90 ton per hari.

"Bulan puasa pasti volume sampah akan naik, terutama sampah plastik dan batok kelapa. Kami minta masyarakat terutama pedagang untuk membuang sampah tepat pada waktunya, sehingga sampah tersebut dapat diangkut petugas sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," ujar Zainuri, Selasa (24/6).

Buang Sampah Sembarangan, 3 Warga Ditindak

Untuk membuang sampah ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, pihaknya telah menyediakan 165 unit truk pengangkut sampah. Namun dari jumlah itu, hanya sekitar 100 unit yang laik operasi. Selain itu, juga ada tambahan 30 unit truk dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta. 

"Ada sekitar 100 unit truk pengakut sampah yang lain operasi dengan kapasitas rata-rata 1 meter kubik hingga 10 meter kubik," katanya.

Dikatakan Zainuri, volume sampah biasanya baru mulai menurun pada H-7 dan terus bertahan hingga H+3 Hari Raya Idul Fitri. Penurunannya antara 2-5 persen dari produksi sampah daratan yang rata-rata 1.400 ton setiap hari.

"Dari H-7 sampai H+3 kita perkirakan menurun karena sebagian warga Jakarta mudik. Volume sampah kembali meningkat seperti semula pada H+3," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3026 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2945 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2926 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2884 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2700 personAldi Geri Lumban Tobing