You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
buang sampah ke kali
.
photo doc - Beritajakarta.id

Buang Sampah Sembarangan, 3 Warga Ditindak

Sanksi tegas yang diterapkan bagi warga yang kerap membuang sampah sembarangan rupanya masih belum membuat sebagian warga ibu kota jera. Buktinya, di Jl Raya Kebayoran Lama, 3 orang warga masih kedapatan membuang sampah di pinggir jalan. Akibatnya, Kartu Tanda Penduduk ketiganya terpaksa disita petugas.

Saya beri kesempatan, tapi mereka harus membuat surat pernyataan di atas materai. Dan harus ditanda tangani oleh pengurus RT, RW, dan dari kelurahan

"Dari operasi malam seminggu ini kita dapati ada 3 warga yang membuang kantong-kantong sampah diseparator di Jalan Raya Kebayoran Lama," ujar Agung Wibowo, Lurah Grogol Selatan, Sabtu (21/6).

Menurut Agung, ketiga warga tersebut bukan hanya dari kelurahannya tapi juga dari wilayah lain. Karena jalan itu merupakan perbatasan antar wilayah Kelurahan Grogol Selatan dan Cipulir. "Ada 2 orang warga Grogol Selatan, dan 1 orang warga Cipulir. Mereka membuang sampah itu malam, sambil lewat terus taruh sampah di tengah separator," katanya.

Buang Sampah Sembarangan, 9 Warga Disidang

Dikatakan Agung, KTP dari warga yang kedapatan membuangan sampah itu langsung disita. Memang saat ini pihaknya masih memberikan kesempatan untuk tidak membawanya ke tindak pidana. "Saya beri kesempatan, tapi mereka harus membuat surat pernyataan di atas materai. Dan harus ditanda tangani oleh pengurus RT, RW, dan dari kelurahan," tegasnya.

Hal ini untuk memberikan efek jera kepada para pelaku. "Kalau langsung kena tipiring, hanya kita, pengadilan dan dia yang tahu. Itu pasti kena denda rendah, kalau minta tanda tangan ke pengurus lingkungan jadi banyak tahu bahwa dia bersalah," ungkapnya.

Ditambahkan Agung, masih adanya warga yang buang sampah sembarangan, bukti ketidakpedulian warga tersebut pada kebersihan lingkungan. "Saya sudah pasang 5 plang larangan buang sampah disepanjang jalan itu. Saat ini hanya tinggal 1 yang masih sisa," tukasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1154 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1086 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito