You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Qlue Mudahkan RT/RW Buat Laporan
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Qlue Mudahkan RT/RW Memonitor Hasil Laporan

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan sistem aplikasi Qlue yang dibuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta jusru akan memudahkan kinerja para pengurus RT dan RW dalam membuat laporan dan memonitor masalah yang dilaporkan.

Kamu (RT/RW) sebagai pemerhati rakyat ini ada aplikasi yang memudahkan Anda memonitor

"Kamu (RT/RW, red) sebagai pemerhati rakyat ini ada aplikasi yang memudahkan anda memonitor," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/5).

Anggota RT/RW Juga Bisa Lapor ke Qlue

Menurut Basuki, dengan menggunakan aplikasi Qlue, para pengurus RT dan RW dapat mengetahui laporan mana saja yang telah ditindaklanjuti lurah, camat dan instansi terkait. Termonitornya laporan yang disampaikan melalui aplikasi Qlue, tidak bisa sama apabila sistem laporan menggunakan pesan singkat atau short message service (SMS).

"Kamu kalau nggak laporan di Qlue, itu nggak kecatat di sistem komputer. Sekarang misalnya ada keluhan melalui SMS ke saya, bisa berhari-hari terus saya lupa menagih, ya mana selesai," ujarnya. 

Basuki juga mengutarakan, para ketua RT dan RW yang tidak memiliki waktu luang, bisa meminta isteri dan anaknya untuk mengirimkan laporan ke aplikasi Qlue. Sehingga target minimal tiga kali laporan yang dibebankan kepada pengurus RT dan RW setiap hari bisa tercapai. 

"Kalau bilang saya pulang kerja malam, kalau gitu kamu jangan jadi RT. Kasih saja istri atau anak kamu kan kami juga butuh ada orang yang memerhatikan warganya," ucapnya.

Ia menambahkan, sistem laporan melalui aplikasi Qlue ini sekaligus diterapkan sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban dari pengurus RT/RW. Sebab, dana operasional RT/RW selama ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. 

"Kalau pakai APBD itu kan harus ada laporan pertanggungjawaban. Selama ini kan laporan pertanggungjawasan selalu ngarang-ngarang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1237 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1175 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1141 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1065 personNurito