You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Akses Jalan Dipagar, Ratusan Warga Gedong Terisolir
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Permukiman Warga di Gedong Terancam Terisolir

Sekitar 450 KK warga yang bermukim di RT 02, 03, 04 dan RT 08 RW 03, Kelurahan Gedong, Pasar Rebo kini merasa resah.  Pasalnya, lahan yang biasa digunakan sebagai akses jalan permukiman menuju Jl Condet Raya terancam ditutup. Oleh pemilik, lahan tersebut akan dimanfaatkan.

Kami hanya berharap agar pemilik lahan, memberikan akses jalan. Karena dari puluhan tahun ya kami lewat sini akses jalannya

Selama ini, warga di empat RT memanfaatkan lahan kosong milik HS untuk akses keluar masuk ke Jl Raya Condet. Di lahan itu juga terdapat tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Lahan tersebut sudah dipagar keliling setinggi sekitar dua meter. Namun pemasangan pagar disegel Sudin Penataan Kota Jakarta Timur lantaran tak ada IMB.

Pagar Perumahan Bukit Mas Segera Dibongkar

Riana (43) salah seorang warga menuturkan, dari total enam akses jalan, tiga di antaranya sudah ditutup. Bahkan belakangan tiga jalan itu juga akan ditutup. Praktis keadaan tersebut membuat warga jadi resah.

"Kami hanya berharap agar pemilik lahan, memberikan akses jalan. Karena dari puluhan tahun ya kami lewat sini akses jalannya. Kalau ditutup, ya harus muter jauh untuk ke Jl Raya Condet," kata Riana, Senin (30/) sore.

Sementara, Camat Pasar Rebo, Wahyu Supriyatna mengatakan, lahan tersebut milik perseorangan. Pihaknya tidak dapat melakukan intervensi. Kendati demikian, warga sudah pernah bertemu dengan jajaran muspika kecamatan dan pemilik lahan. Walau tidak ada titik temu, pemilik lahan sudah membuat saluran air selebar 1,5 meter di luar pagar.

"Solusinya adalah, saluran air itu di luar pagar yang semula terbuka, kita usulkan tertutup menggunakan gorong-gorong. Nantinya di atasnya bisa untuk akses sepeda motor warga," ujarnya.

Sedangkan mengenai akses mobil warga, Wahyu mengakui pihaknya belum memiliki alternatif solusi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1267 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye807 personFolmer