You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI akan Gencarkan Inventarisir PBBP 2
.
photo doc - Beritajakarta.id

DKI akan Gencarkan Inventarisir PBBP 2

Wakil Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)‎ DKI Jakarta, Michael Rolandi C Brata mengatakan, pelimpahan tanggung jawab menjadikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum maksimal dalam pendataan pencatatan piutang pengembang dan piutang Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBBP 2).

Kita kan sejak 2012 diserahkan dari pusat, dirjen pajak ke pemprov. Itu nilai tagihan-tagihannya ada sekitar Rp 5 Triliun

Michael menjelaskan, sebelum tahun 2012, PBBP 2 itu diurus Direktorat Jendral (Dirjen) Pajak. Setelahnya baru diurus Pemprov DKI. Artinya, Pemprov DKI hanya menangani empat tahun. Jangka waktu tersebut dirasa kurang untuk memaksimalkan pendataan.

"‎Kita kan sejak 2012 diserahkan dari pusat, dirjen pajak ke pemprov. Itu nilai tagihan-tagihannya ada sekitar Rp 5 triliun. Jumlah pastinya lupa ya. Itu diserahkan ke pemprov. PBB-nya sama Bea Perolehan Hak Atas Tanah atau Bangunan (BPHTB)," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/6).

Basuki Targetkan Dapat Opini WTP Tahun Depan

Ia menegaskan, dengan jumlah tagihan mencapai Rp 5 triliun, dalam waktu empat tahun tergolong sulit. Pasalnya tagihan itu mayoritas tidak bisa ditagih karena asal-usulnya sulit ditelusuri.

"PBB itukan banyakan warisan‎. Jadi bawaan warisan juga. tapi banyakan itu yang enggak bisa ditagih itu dari yang warisan," tandasnya.

Ke depan, ditambahkan Michael, pihaknya akan menggencarkan ‎inventarisir PBBP 2 tersebut. Tujuannya, agar Pemprov DKI meraih opini LHP Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun anggaran 2016.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1220 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1115 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1046 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye913 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye837 personAldi Geri Lumban Tobing