You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
saefullah bersih bersih monas jum'at
.
photo Andry - Beritajakarta.id

Walikota Jakpus Bersihkan Sampah Monas

Pekan Rakyat Jakarta (PRJ) yang digelar Pemprov DKI Jakarta di kawasan wisata Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat menyisakan sampah yang tidak sedikit. Akibatnya, obyek wisata termurah di ibu kota ini terlihat kotor dan kumuh. Bahkan, ruas jalan di luar Cawan Monas yang terbuat dari Batu Andesit atau Granit terlihat sangat kotor .

Kawasan Monas harus bersih, karena tempat ini menjadi kebanggaan warga

Tak tahan melihat kondisi itu, Walikota Jakarta Pusat, Saefullah mengajak 350 pegawainya melakukan aksi bersih-bersih di kawasan Monas. Hasilnya, berbagai macam sampah yang berserakan seperti kulit kacang, puntung rokok dan tutup botol minuman ringan hingga tissu berhasil dibersihkan.

Pantauan beritajakarta.com di lapangan, kerja bakti bersih-bersih kawasan Monas ini dilangsungkan mulai dari Sisi Utara, Timur, Selatan dan Barat. Didampingi ratusan pegawai, Saefullah menyapu kawasan Monas dengan menggunakan sapu lidi. Sisa puntung rokok dan kulit kacang yang terselip di Batu Granit, disemprot dengan selang mobil pemadam kebakaran.

Warga Gotong Royong Bersihkan Kali Cipinang

Saefullah mengatakan, dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan dalam aksi bersih-bersih ini. Mobil pemadam itu diturunkan untuk membersihkan sampah di sela-sela Batu Granit depan Cawan Monas. "Kira-kira kita menghabiskan 80.000 meter kubik air," katanya, Jumat (27/6).

Ia menuturkan, kawasan Monas bisa dibilang merupakan kebanggaan seluruh warga Jakarta. Sebab, monumen bersejarah ini terbukti masih menjadi tujuan wisata favorit warga. "Kawasan Monas harus bersih, karena tempat ini kebanggaan warga," ujarnya.

Melalui kerja bakti ini, Saefullah berharap wajah kawasan Monas bisa menjadi lebih kinclong sehingga bisa dinikmati seluruh pengunjung dengan perasaan nyaman dan bersih. "Saya ingin pengunjung tidak takut baju dan celana mereka kotor ketika berkunjung ke sini," katanya. 

Menurut Saefullah, dalam kegiatan ini, 350 pegawai dari kelurahan, kecamatan dan Pemkot Jakarta Pusat dikerahkan. Mereka diminta membersihkan sampah sisa pengunjung Monas Fair dengan alat kebersihan seadanya. "Hasilnya puluhan karung sampah berisi kulit kancang, puntung rokok, tutup botol dan sampah lainnya berhasil kita angkut," jelasnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai yang telah berpartisipasi membersihkan kawasan Monas. "Saya ucapkan terima kasih kepada semua pegawai karena sudah membuat kawasan Monas kembali kinclong," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1816 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1815 personNurito
  3. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1814 personNurito
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1782 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1736 personAnita Karyati