You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pulau seribu
.
photo doc - Beritajakarta.id

Wisatawan Melonjak, Kepulauan Seribu Minim Penginapan

Meski demikian pengunjung bisa menginap di rumah penduduk dengan harga sewa yang mereka sepakati bersama

Animo wisatawan lokal maupun asing untuk mengunjungi Kepulauan Seribu terus bertambah. Namun sayangnya, jumlah penginapan di Kepulauan Seribu relatif minim sehingga tidak mampu menampung melonjaknya jumlah pengunjung. Akibatnya, apabila saat akhir pekan atau hari libur nasional, tidak sedikit wisatawan yang kesulitan memperoleh kamar penginapan. Mereka kemudian menyiasatinya dengan lebih dulu memesan penginapan ke agen perjalanan.

Dermaga Utama Pulau Pramuka Retak

Sepanjang tahun 2013, dari data Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu tercatat, wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu menembus hingga 1,25 juta orang. Bahkan, sepanjang tahun ini saja, hingga bulan Juni, ada sebanyak 894.488 wisatawan baik asing maupun lokal yang berkunjung. Pulau di Kepulauan Seribu yang menjadi lokasi favorit wisatawan antara lain, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung dan Pulau Harapan.

Di sisi lain, saat ini terdapat  245 unit penginapan di Kepulauan Seribu, yang terdiri dari 136 penginapan di Pulau Tidung, 38 penginapan di Pulau Untung Jawa, 34 penginapan di Pulau Pari, 27 penginapan di Pulau Pramuka dan 10 penginapan di Pulau Harapan. Jika satu unit penginapan terdiri dari tiga kamar, maka dapat menampung 18 wisatawan. Dan jika dikalkulasi, 245 unit penginapan hanya mampu menampung sebanyak 4.410 pengunjung per malamnya.

“Jika dilihat dari data, jumlah penginapan memang tidak memadai. Meski demikian pengunjung bisa menginap di rumah penduduk dengan harga sewa yang mereka sepakati bersama,” jelas Suwarto, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Administrasi Kepulauan Seribu, Selasa (2/7).

Sementara itu, Ketua Asosiasi Jasa Wisata Kepulauan Seribu, Micky Musleh (28) menjelaskan, dari data yang ia miliki jumlah pengunjung di Kepulauan Seribu setiap akhir pekan mencapai 5 ribu hingga 7 ribu, bahkan pada saat libur sekolah tiba pengunjung bisa mencapai angka 12 ribu. Ia juga menambahkan tidak sedikit wisatawan yang terpaksa mengundurkan niat mereka berkunjung ke Kepulauan Seribu lantaran tidak mendapatkan penginapan.

Selain itu ia juga menuturkan tiap pengunjung akan dikenakan biaya penginapan sebesar Rp 290.000-Rp 450.000 per malam. "Kepulauan Seribu yang dapat dinikmati para wisatawan antara lain, Pulau Pari ada pasir perawan, Pulau Harapan ada wisata bahari, Pulau Untung Jawa ada pantainya yang indah, Pulau Tidung memiliki keindahan pantai dan Jembatan Cinta dan Pulau Pramuka dengan penangkaran penyu, penanaman bakau serta transplantasi terumbu karang,” terangnya.

 

 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2683 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2308 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2179 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1921 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1262 personAnita Karyati