You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
palang erp erna
palang erp erna .
photo Erna Martiyanti - Beritajakarta.id

ERP Siap Diuji Coba 15 Juli

Pemasangan gerbang Electronic Road Pricing (ERP) telah dilakukan sejak Kamis (3/7) tadi malam. Saat ini bentuk gerbang ERP pun telah terlihat, tepatnya di depan Panin Bank, Jl Sudirman, Jakarta Pusat. Rencananya, Selasa (15/7) mendatang, gerbang yang dibuat oleh perusahaan asal Swedia, Kapsch tersebut siap digunakan.

Diharapkan uji coba ERP akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli atau sekitar tanggal 15 Juli mendatang

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar mengatakan, pemasangan gerbang ERP akan dilakukan selama satu pekan. Dengan demikian, pada tanggal 15 Juli mendatang gerbang tersebut siap untuk diuji coba.

"Diharapkan uji coba ERP akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli atau sekitar tanggal 15 Juli mendatang," kata Akbar, Jumat (4/7).

Gerbang ERP Dipasang, Sebagian Jalan Sudirman Ditutup

Gerbang yang sudah terpasang adalah sisi barat atau lajur yang mengarah ke Semanggi. Sementara untuk sisi timur baru akan dipasang hari ini, Jumat (4/7) malam. "Sudah terpasang satu yang sisi barat, bentuknya sudah terlihat seperti gerbang ERP di kota-kota lainnya," ujar Akbar.

Dikatakan Akbar, dalam gerbang ERP ada tiga mesin yang dipasang untuk mendeteksi On Board Unit (OBU) yang dipasang di setiap kendaraan. Tiga mesin itu meliputi VDC Passage (sensor untuk mendeteksi jenis kendaraan), VR sensor (kamera yang bisa mengambil gambar plat nomor kendaraan kalau melanggar aturan atau sisi pengawasan), dan yang terakhir adalah Transceivers (penerima data dari OBU).

Menurut Akbar, ketiga mesin tersebut adalah satu set untuk pendeteksi sistem ERP. Sehingga nantinya kendaraan yang sudah terpasang OBU dan melintas, saldonya akan terpotong langsung. Sementara bagi kendaraan yang tidak memiliki OBU, juga akan langsung terdeteksi dan direkam nomor polisi kendaraannya. Kendaraan yang melanggar akan mendapatkan surat tilang.

Dalam masa uji coba, sebanyak 50 kendaraan yang akan dipasangkan OBU. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah mesin-mesin yang berada di gerbang ERP bisa mendeteksi kendaraan yang dipasang OBU. Uji coba penerapan ERP itu dilaksanakan pada tiga sampai enam bulan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2635 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2260 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1869 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1212 personAnita Karyati
  5. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1146 personTiyo Surya Sakti