You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 98 Lapak PKL Balimester Ditata Ulang
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

98 Lapak PKL Balimester Ditata Ulang

Sekitar 98 lapak pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Pasar Lama Balimester, Jatinegara, Jakarta Timur ditata ulang, Sabtu (9/7).

Pembongkaran dan pemasangan tenda sengaja dilakukan siang malam. Agar perbaikannya cepat rampung. Para PKL untuk sementara jualannya bergantian

Camat Jatinegara, Nasrudin Abu Bakar mengatakan, penataan ini merupakan swadaya PKL sendiri. Sedianya PKL di kawasan Balimester akan ditata oleh Pemprov DKI. Namun program ini baru akan dilakukan pada tahun 2017 mendatang.

Toko Pecah Belah di Balimester Terbakar

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi pada PKL yang mau secara swadaya menata lapaknya. Sehingga lingkungan menjadi tertata rapih, bagus dan tidak semrawut,” kata Nasrudin, Sabtu (9/7).

Menurutnya, dengan penataan lapak ini diharapkan akses jalan menuju Pasar Jatinegara juga lebih luas dan rapih. Kehadiran PKL di Balimester ini sedikit banyak juga turut meramaikan pasar dan mampu menggerakan roda perekonomian di Jatinegara.

Ditargetkan dalam sepekan ini penataan lapak sudah rampung. Karenanya para pekerjanya melakukan perbaikan siang malam dikebut.

Koordinator PKL Balimester, Junaedi mengatakan, seperti rencana awal, penataan lapak dilakukan pasca Lebaran. Lapak yang lama dibongkar dan diganti baru dengan model los tanpa pembatas. Saat ini, posisi lapak lebih mundur ke belakang. Sehingga diharapkan akses menuju Pasar Regional Jatinegara dari Jalan Matraman Raya lebih luas dibanding sebelumnya.

“Pembongkaran dan pemasangan tenda sengaja dilakukan siang malam. Agar perbaikannya cepat rampung. Para PKL untuk sementara jualannya bergantian,” ungkap Junaidi. 

Tenda dipasang memanjang menyesuaikan kondisi akses jalan. Pada sisi timur jalan dipasang sepanjang 83 meter dan sisi barat 60 meter. Lebar tenda yang semula mencapai 320 sentimeter dikurangi menjadi 300 sentimeter.

Ketua RW 06 Balimester, Mulyono berharap dengan penataan lapak PKL ini lingkungannya menjadi rapih. Tidak semrawut seperti sebelumnya. Apalagi kawasan ini menjadi salah satu titik penilaian Adipura setiap tahunnya.

“Kami berharap dengan penataan lapak ini lingkungan menjadi rapih, bersih dan indah. Lalu lintas menuju pasar juga menjadi lancar,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye974 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing