You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pompa Taman Ratu dan Kyai Tapa Rusak
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pompa Taman Ratu dan Kyai Tapa Rusak

Sejumlah pompa di Perumahan Taman Ratu dan Kyai Tapa, Jakarta Barat mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Kerusakan sudah dilaporkan ke sudin untuk segera diperbaiki

Berdasarkan informasi yang dihimpun Beritajakarta.com, satu dari dua pompa berkapasitas 2.500 liter per detik di rumah pompa Taman Ratu, Kebon Jeruk, mengalami kerusakan di bagian substation panel listrik.

Bahkan, satu dari tiga pompa berkapasitas 750 liter per detik di rumah pompa Kyai Tapa juga mengalami kerusakan di bagian dalam.

15 Pompa Air di DKI Rusak

Petugas rumah pompa Taman Ratu, Dwi Teguh (28) mengatakan, kerusakan sudah dilaporkan ke sudin untuk segera diperbaiki. Menurutnya, kerusakan juga terjadi di bagian dinamo karena beban terlalu berat. Bahkan, sampah juga diduga menjadi penyebab kerusakan.

"Memang sudah terpasang penyaring, tapi sampah kerap mengganggu operasional pompa. kami secara rutin melakukan pembersihan di tempat penyaringan," ujarnya, Jumat (22/7).

Sementara, petugas rumah pompa Kyai Tapa, Grogol, Sumarno (32) menjelaskan, satu dari tiga pompa yang  mengalami kerusakan di bagian dalam.

"Sebagai antisipasi curah hujan tinggi, lima pompa mobile disiagakan untuk menjaga ketinggian air di bak penampungan tetap terkendali," jelasnya.

Ia menambahkan, kendala lain yang dihadapi di rumah pompa Kyai Tapa yakni belum tersedianya mesin genset mengantisipasi pemadaman aliran listrik oleh PLN.

Sementara, Kasudin Tata Air Jakarta Barat, Imron mengatakan, di Jakarta Barat ada sekitar 100 pompa di mana delapan diantaranya dalam kondisi  rusak. Ia menegaskan, saat ini sedang dalam proses perbaikan.

"Delapan agen tunggal pemegang merek (ATPM) pompa yang mengalami kerusakan sudah dipanggil oleh kepala dinas untuk segera melakukan perbaikan," ujar Imron.

Delapan pompa yang rusak tersebar di rumah Pompa Taman Ratu, Kyai Tapa dan Wijaya Kusuma. Untuk mengantisipasi genngan saat curah hujan tinggi, pihaknya menyiagakan sejumlah pompa trailer dan mobile di sejumlah rumah pompa yang saat ini masih mengalami kerusakan.

Imron menjelaskan, alokasi anggaaran untuk perbaikan pompa rusak di Jakarta Barat sebesar Rp 2,6 miliar.

"Kami juga sudah mengusulkan di APBD Perubahan 2016 untuk penambahan anggaran perbaikan sebesar Rp 1,9 miliar," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1230 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1174 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1141 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1065 personNurito