You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Bantaran Kali Grogol Jadi Tempat PKL
Bantaran Kali Grogol Jadi Tempat PKL .
photo Hendi Kusuma - Beritajakarta.id

Bantaran Kali Grogol Jadi Tempat PKL

Bantaran Kali Grogol sepanjang 2 kilometer yang melalui Jalan Kemanggisan Raya menuju ke arah Grogol dipenuhi parkir liar dan bangunan semi permanen milik pedagang kaki lima (PKL). Akibatnya, jalan, taman dan pagar serta pembatas jalan antara Kali Grogol banyak yang rusak karena PKL yang berdagang dan membangun lapak.  

Kita sudah beri imbauan bahkan sudah ada beberapa yang kita tindak dengan menertibkan bangunan liar semi permanan disepanjang bantaran Kali Grogol, tapi masih juga ada yang membandel, nanti kita akan tindak lagi

"Kebanyakan yang berjualan disepanjang bantaran kali Grogol tersebut adalah warga kita sendiri, kita sebagai petugas keamanan yang ditunjuk warga paling hanya bisa mengimbau," ujar Somad Petugas Keamanan Pasar Kemanggisan, Jumat (11/7).

Selain mengikisnya tanah dan rusaknya sejumlah pagar, dilokasi tersebut juga banyak ditemukan tumpukan sampah warga yang tertampung di gerobak-gerobak sampah yang belum juga diangkut oleh petugas kebersihan. Alhasil, kondisi di sekitarnta tampak terlihat kumuh dan tidak sedap dipandang. Tidak hanya itu, sampah yang menumpuk menimbulkan aroma bau busuk yang menganggu pengguna jalan dan warga.

DKI Akan Berlakukan Kartu Anggota PKL

"Biasanya tiap pagi sudah diangkut oleh petugas kebersihan, mungkin beberapa hari ini karena pilpres dan bulan suci Ramadhan, jadi agak sedikit terlambat untuk minggu ini," kata Somad.

Sementara itu, Wakil Lurah Palmerah, Raditian, mengatakan memang di wilayah bantaran Kali Grogol yang melintasi kawasan tersebut sebagian menjadi tanggung jawabnya tetapi sebagian besar itu masuk wilayah Kelurahan Kemanggisan.

Diakui Raditian, selama ini pihaknya telah memberikan imbauan kepada para PKL yang berjualan dan membangun bangunan semi permanen di bantaran kali Grogol tersebut agar segera pindah dan mencari tempat berjualan yang lebih layak, tetapi imbauan dari pihaknya seringkali diabaikan oleh warga.

"Kita sudah beri imbauan bahkan sudah ada beberapa yang kita tindak dengan menertibkan bangunan liar semi permanan disepanjang bantaran Kali Grogol, tapi masih juga ada yang membandel, nanti kita akan tindak lagi," tegasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye1133 personAnita Karyati
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1020 personFolmer
  3. Dinas Kominfotik - KPU DKI Kerja Sama Publikasi Tahapan Pilkada

    access_time24-06-2024 remove_red_eye977 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye942 personAnita Karyati
  5. Putra Putri Pelajar Indonesia Dikenalkan Urban Farming Jakarta

    access_time25-06-2024 remove_red_eye926 personAldi Geri Lumban Tobing