You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Penertiban Bangunan Liar di Jl Cacing Ricuh
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

186 Bangunan Liar di Jl Raya Cacing Ditertibkan

Sebanyak 186 bangunan liar di sepanjang Jalan Raya Cacing sisi barat, Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur ditertibkan. Proses penertiban sempat diwarnai kericuhan.

Saya dapat amanat dari wali kota untuk membongkar seluruh bangunan ini. Sejauh ini tidak ada perintah mundur jadi harus tetap dilakukan pembongkaran

Pantauan Beritajakarta.com, ratusan warga langsung menghadang kedatangan petugas gabungan yang akan melakukan penertiban. Bahkan warga memadati Jalan Raya Cacing sisi barat hingga memicu terjadinya kemacetan lalu lintas yang cukup parah.

Diketahui, ada kelompok massa yang dikoordinir oleh Umar (42). Di sini warga menolak ditertibkan alasannya petugas tidak ada surat perintah dari gubernur. Bahkan Umar bersikeras mengaku telah bertemu gubernur dan diperbolehkan menempati rusun.

PHL Gadungan di TPU Karet Bivak Ditertibkan

"Kami akan tetap bertahan di sini, apapun yang terjadi. Kami butuh mediasi dulu. Lagi pula belum ada planing penertiban dan kami belum dapat surat tembusannya," kata Umar, Rabu (10/8).

Kericuhan diperparah saat petugas akan membongkar rumah Bahwi (49). Ia menolak dibongkar karena petugas tidak membawa surat perintah bongkar. Namun begitu petugas menunjukkan surat perintah bongkar, Ia bersama sekitar 10 warga lainnya masuk rumah. Mereka mencoba bertahan di dalam rumah, walau alat berat sudah diarahkan ke rumah.

Sempat terjadi aksi dorong antara petugas dengan warga. Namun akhirnya warga keluar rumah sambil membawa perabot rumah tangganya. Setelah rumah kosong, petugas pun langsung meratakan bangunan itu dengan tanah.

Kasatpol PP Jakarta Timur, Hartono Abdullah mengatakan, sejauh ini tidak ada perintah untuk mundur dari pimpinan. Sehingga pihaknya harus tetap melakukan pembongkaran. Lahan yang ditertibkan ini merupakan aset negara yang sudah dibebaskan. Saat ini Pemprov DKI akan mengembalikan lahan sebagai jalan, saluran air dan taman.

"Saya dapat amanat dari wali kota untuk membongkar seluruh bangunan ini. Sejauh ini tidak ada perintah mundur jadi harus tetap dilakukan pembongkaran," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1200 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito