You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Warga Pulau Panggang Gelar Sedekah Bumi
.
photo Folmer - Beritajakarta.id

Warga Pulau Panggang Gelar Sedekah Bumi

Warga Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara menggelar acara sedekah bumi dan tasyukaran laut. Ini sebagai wujud syukur dan juga pelestarian budaya.

Kami bersyukur atas acara yang digelar, pastinya di tahun-tahun mendatang, akan digelar kegiatan serupa yang lebih semarak lagi

Kegiatan budaya ini dimulai dengan acara selamatan atau tumpengan dihadiri oleh ratusan warga yang digelar di dermaga utama Pulau Panggang. Selanjutnya mereka mengelilingi pulau hingga Pulau Pramuka.

Usai berkeliling pulau, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan kambing serta penyerahan santuan bagi puluhan anak yatim sebagai wujud kepedulian dan rasa syukur atas rezeki yang berlimpah.

Kolam Labuh di Dermaga Kepulauan Seribu akan Diperluas

Panitia Pelaksana Sedekah Bumi dan Tasyakuran Laut, Maulana mengatakan, pihaknya akan menggelar kegiatan budaya ini setiap tahun dalam rangka menghidupkan kembali budaya leluhur yang nyaris  dilupakan.

"Kami bersyukur atas acara yang digelar, pastinya di tahun-tahun mendatang, akan digelar kegiatan serupa yang lebih semarak lagi. Kami juga menampilkan kesenian tradisional lenong sebagai puncak acara sedekah bumi dan tasyakuran laut," ujarnya, Senin (22/8).

Sementara Kepala Seksi Kebudayaan Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Kuntoro menuturkan, pihaknya turut mendukung tradisi budaya yang digelar oleh warga Pulau Panggang.

"Pemkab Pulau Seribu akan terus mendukung program kegiatan warga sebagai bentuk apresiasi untuk melestraikan budaya khas Kepulauan Seribu," tandasnya.

Sedekah bumi dan tasyakuran laut sebagai bentuk rasa syukur atas karunia dan rezeki yang berlimpah seraya berdoa agar warga Pulau Panggang khususnya para nelayan ditambahkan hasil tangkapan ikannya dan aman dari berbagai gangguan atau bencana.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye931 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye886 personAldi Geri Lumban Tobing