You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Warga Kalibaru Masih Buang Sampah ke Pantai Karena Tidak Ada LPS
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Tak Ada LPS, Warga Buang Sampah ke Pantai

Perilaku warga yang kerap membuang sampah di pantai, RW 03, Kelurahan Kalibaru, Cilincing sangat disayangkan. Karenanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara harus berpikir ekstra untuk mengentaskan persoalan sampah di wilayah tersebut.

Kendalanya lahan LPS susah, bangunannya yang didirikan warga di atas sampah juga makin banyak

Selain volume sampah yang cukup banyak, keberadaan sampah juga ikut mencemari pantai serta berpotensi menimbulkann penyakit bagi masyarakat sekitar.

Ketua RW 03, Adiyono mengatakan, tidak adanya Lahan Pembuangan Sampah (LPS) membuat warga terbiasa membuang sampah di pinggir pantai.

Saluran Air di Jl Puspa Raya Dibersihkan

"Pembuangan sampah hingga kini tak menemukan solusi, ya akhirnya warga membuang sampah di pinggir pantai," ungkap Adiyono, Senin (29/8).

Warga sudah terbiasa dengan kondisi seperti itu, bahkan timbunan sampah yang cukup padat dimanfaatkan warga untuk mendirikan hunian di atasnya.

Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara, Slamet Riyadi mengatakan, pihaknya kesulitan untuk menangani persoalan sampah yang terjadi di wilayah tersebut. Selain terkendala lahan untuk pembangunan LPS, sudah banyak hunian yang berdiri di atas tumpukan sampah itu.

"Kendalanya lahan LPS susah, bangunannya yang didirikan warga di atas sampah juga makin banyak. Ini seperti reklamasi kecil-kecilan. Makin lama bangunan makin menjorok ke laut," ungkap Slamet Riyadi, Senin (29/8).

Ditambahkan Slamet, sejauh ini pihaknya hanya bisa melakukan penanganan sampah menggunakan gerobak yang kemudian diangkut menggunakan truk untuk dibawa ke TPST Bantar Gebang.

Pengangkutan sampah juga bukan tanpa kendala, truk-truk milik Sudin Kebersihan Jakut kesulitan akses karena kawasan tersebut padat penduduk dan permukiman.

Wali Kota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi mengaku telah memerintahkan Kepala Sudin Kebersihan, camat dan lurah untuk mencari solusi terbaik agar warga tidak lagi membuang sampah di pinggir pantai, termasuk memudahkan akses masuk truk ke lokasi pembuangan di pinggir pantai itu.

"Solusinya dengan membuat LPS di darat, untuk memudahkan pengangkutan baik dengan gerobak atau yang lainnya. Warga juga harus saling mengingatkan betapa pentingnya menjaga kebersihan," tandas Wahyu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1300 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1259 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1210 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1095 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye833 personFolmer