You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Usaha Laundry di Sukabumi Selatan Cemari Saluran Air
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Usaha Laundry di Sukabumi Selatan Cemari Saluran Air

Warga Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat meminta pemerintah agar tegas menindak keberadaan puluhan usaha laundry di wilayahnya. Sebab usaha tersebut menimbulkan pencemaran di saluran air yang ada di permukiman warga.

Selama puluhan tahun usaha laundry membuang limbahnya langsung ke saluran air. Usaha laundry memang dari dulu satupun tidak ada yang memiliki IPAL

"Selama puluhan tahun usaha laundry membuang limbahnya langsung ke saluran air. Usaha laundry memang dari dulu satupun tidak ada yang memiliki IPAL," ujar Risman, Selasa (30/8).

Pantauan Beritajakarta.com, di RW 06 Sukabumi Selatan pencemaran limbah bekas cucian bahan jeans sangat parah. Saluran air yang biasanya berwarna bening, bisa berubah menjadi biru pekat. Bau tidak sedap pun tercium.

Perusahaan Pemotongan Kapal Bekas Terancam Ditutup

"Ada sumur warga yang sudah tidak bisa dikonsumsi karena berbau. Bahkan ada yang kalau kena kulit jadi gatal-gatal. Kita minta pemerintah kota bertindak tegas, ini sudah bertahun-tahun," keluhnya.

Terkait pencemaran saluran air, Kepala Sub Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kantor Pengelola Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Kamin membenarkan. Bahkan pihaknya telah menginventarisir ada 48 usaha laundry di kawasan tersebut yang membuang limbahnya langsung ke saluran.

Menurut Kamin, puluhan pemilik laundy itupun tidak melengkapi usahanya dengan izin, undang-undang gangguan, pengelolaan limbah dan beberapa persyaratan lainnya.

"Tapi sesuai kewenangan kami tidak dapat melakukan tindakan. Saya akan berkoordinasi dengan SKPD terkait, seperti Sudin Tata Air yang saat ini memiliki kewenangan untuk masalah IPAL yang selanjutnya saya laporkan ke pusat perihal masalah tersebut," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1226 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1145 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1126 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1059 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1022 personAldi Geri Lumban Tobing