You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Alat Berat Normalisasi Kali Gendong Cakung Drain Mulai Disiagakan
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Normalisasi Kali Gendong Cakung Drain Segera Dimulai

Normalisasi Kali Gendong Cakung Drain, segera dimulai. Rencananya, mulai Rabu (31/8) akan dilakukan pemasangan sheet pile. Saat ini, alat berat seperti eskavator dan crane mulai didatangkan ke lokasi.

Ekskavator datang malam ini, crane akan melakukan pemancangan

Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Utara, Herning Wahyuningsih mengatakan, bantaran Kali Gendong Cakung Drain sudah mulai steril dari bangunan liar. Walau belum seluruhnya, sekitar 90 persen bagian yang akan dinormalisasi sudah steril dari bangunan sehingga pengerjaan bisa segera dimulai.

"Eskavator datang malam ini, crane akan melakukan pemancangan. Misalnya corrugated concrete sheet pile (CCSP) tidak berdiri lurus itu yang bantu eskavator, dibuat pas agar alat pancang bisa kerja optimal," ungkap Herning, Selasa (30/8).

DKI Siapkan Dasar Hukum untuk Normalisasi Kali Krukut

Camat Cilincing, Edi Purnomo mengatakan, puluhan bangunan di Jalan Bulak Cabe yang selama ini berdiri di bantaran Kali Gendong Cakung Drain sebagian besar sudah rata dengan tanah. Bangunan-bangunan itu dibongkar sendiri oleh pemiliknya.

Dikatakan Purnomo, sebelumnya ada sekitar 55 bangunan berdiri di bibir kali yang dihuni kurang lebih 50-80 Kepala Keluarga (KK). Selama ini bangunan liar tersebut dijadikan tempat tinggal dan usaha oleh warga.

"Kali Gendong Cakung Drain sudah waktunya diturap, ya mereka harus sadar itu tanah pemerintah. Enggak ada uang pengganti atau rumah susun (rusun)," tegasnya.

Dijelaskan Edi, Kali Gendong Cakung Drain akan dipasang sheet pile sepanjang 317 meter, mulai dari Bulak Cabe sampai bawah Jembatan Arteri Marunda yang berada di samping Rusun Pelindo.

"Lagi pula akan dilakukan pengerukkan sedimen lumpur di Kali Gendong Cakung Drain itu dengan kedalaman sekitar lima meter," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1822 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1822 personNurito
  3. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1818 personNurito
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1786 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1737 personAnita Karyati