You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI - PGN Jajaki Kerja sama
.
photo doc - Beritajakarta.id

SPBG Mobile Akan Layani Kebutuhan Gas Warga DKI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjajaki kerjasama dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Kerjasama tersebut terkait ketersediaan pasokan bahan bakar gas (BBG) untuk warga ibu kota baik dalam bentuk pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) maupun berupa Mobile Refuelling Unit (MRU) atau SPBG bergerak di sejumlah wilayah ibu kota.

Sebanyak mungkin akan ada SPBG baru yang beroperasi di ibu kota

 

"Sebanyak mungkin akan ada SPBG baru yang beroperasi di ibu kota. Kita akan bangun SPBG di seluruh pool Transjakarta bekerja sama dengan PT Jakpro," kata Basuki T Purnama, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta di Balaikota, Rabu (16/7).

6 SPBG dan MRU Siap Dibangun di Ibu Kota

Selain pembangunan SPBG di ibu kota, ungkap Basuki, PGN diminta juga menyediakan Mobile Refuelling Unit (MRU) atau SPBG bergerak di sejumlah wilayah DKI.

"MRU ini bisa ditempatkan seperti di Harmoni, kan ada kosong tuh. Di Lapangan Banteng juga gak masalah ditaruh di situ, tapi sifatnya sementara," ujarnya.

Selain itu, lanjut Basuki, Pemprov DKI Jakarta menawarkan kerjasama sistem sewa bayar dalam pemasangan pipa gas untuk menyuplai kebutuhan rumah tangga.

"Jadi, ke depan para pengembang juga harus menyediakan pipa gas di rumah atau apartemen yang dibangun," tuturnya.

Ia mengungkapkan, Jakarta menjadi percontohan kota gas di ibu kota mengingat ketersediaan bahan bakar minyak semakin hari kian menipis.

"Prinsipnya kita siap kapan saja jika PGN merealisasikan penyediaan gas di ibu kota," ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso dalam pertemuan bersama Plt Gubernur DKI, Basuki T Purnama telah memaparkan kemajuan pengembangan infrastruktur gas bumi PGN di Jakarta dalam menjadikan ibu kota sebagai role model kota gas di Indonesia.

"Hingga saat ini PGN sudah memiliki jaringan pipa distribusi gas bumi di Jakarta sepanjang 701 kilometer (km). Hingga semester pertama tahun ini, PGN sudah menambah jaringan gas sepanjang 60 Km," kata Hendi dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (16/7).

Hendi menyebut, pada 2014, PGN akan membangun 6 SPBG dan 2 MRU di Jakarta. Dari jumlah itu yang sudah selesai dibangun adalah SPBG Ketapang (Kantor Pusat PGN) yang melayani kendaraan operasional PGN dan MRU Depo B Cawang yang beroperasi Juli 2014 melayani Bus TransJakarta.

Adapun SPBG yang sedang dalam pembangunan adalah SPBG Ancol, SPBG MIRA 24, SPBG Kalideres 1, SPBG Pulogebang dan SPBG Kalideres 2. Pembangunan SPBG di DKI itu adalah bagian dari 16 SPBG dan yang dibangun PGN tahun ini. SPBG/MRU PGN lainnya dibangun di Surabaya, Bogor dan Sukabumi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1106 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye870 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye783 personBudhi Firmansyah Surapati