You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
       Pembersihan Danau Sunter Selatan Terkendala Alat Rusak
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Pembersihan Danau Sunter Selatan Terkendala Alat

Tempat penampungan sampah (TPS) apung di Danau Sunter Selatan, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara sudah rusak sejak setahun lalu. Kendaraan yang sehari-hari beroperasi menyisir dan menampung sampah kini teronggok di pinggir danau.

Deknya juga sudah nggak laik pakai rangkanya banyak yang lapuk. Mesin sudah hancur semua ini. Emang sudah nggak laik pakai

"Deknya juga sudah nggak laik pakai rangkanya banyak yang lapuk. Mesin sudah hancur semua ini. Emang sudah nggak laik pakai," ungkap Limin (50), PHL UPK Badan Air Dinas Kebesihan DKI Jakarta yang bertugas sebagai nahkoda TPS Apung Danau Sunter Selatan, Kamis (1/9).

Selain itu, tugboat juga sudah tidak beroperasi sebulan terakhir ini, dikarenakan mesin cepat panas. Apabila digunakan terlalu lama khawatir kerusakan akan bertambah parah. Tidak hanya itu, petugas juga kekurangan keranjang sampah sejak lama.

Tak Ada LPS, Warga Buang Sampah ke Pantai

Alhasil, di tengah keterbatasan, petugas harus kerja ekstra menangani sampah di danau seluas 26 hektare ini. Pasalnya, pengerjaan pengangkutan sampah dilakukan manual.

"Jadinya nggak keangkut semua karena pengerjaannya manual. Hari ini aja pengangkutan sampah pakai truk besar sudah dua rit," kata Dasuki.

Terkait hal ini, Kasatlak UPK Badan Air Dinas Kebersihan wilayah Jakarta Utara, Richard Jeremiah mengatakan, pihak Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) akan menunjuk anak perusahaannya atau perusahaan yang dipercayai mereka untuk melakukan kontrak servis dalam waktu dekat.

"Mereka akan merekomendasikan perusahaan yang dipercayai. Kami maunya fleksibel dalam pembayaran, dikerjakan dulu baru dibayar. Bulan depan sudah mulai diperbaiki, supaya menunjang kerja teman-teman UPK Badan Air di Danau Sunter Selatan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1267 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye807 personFolmer