You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PHL Percantik Rumah Jaga Pintu Air Flashing Ancol
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Pintu Air Flashing Ancol Dipercantik

Di sela-sela kesibukan menjalankan tugas, tiga Pekerja Harian Lepas (PHL) Dinas Tata Air DKI Jakarta di Pintu Air Flashing Ancol, Pademangan, berinisiatif merawat lingkungan tempat mereka bekerja.

Kalau asri kan enak dilihat. Kita juga bikin toilet, tapi bukan untuk umum

Salah satunya dengan menyulap lahan kosong di rumah jaga pintu air menjadi taman. Pohon belimbing, jambu, mangga, sengaja ditanam untuk mempercantik dua buah taman berukuran masing-masing sekitar 24 meter persegi.

"Kalau lagi santai saya menggemburkan tanah biar bisa nanam tanaman, cabutin rumput. Kita juga tanam toga, jadi nggak sekadar bersih dan asri, tapi juga berfungsi," ujar Asep (40), operator Pintu Air Flashing Ancol.

Banjir di Pasar Rebo Surut Dalam 2 Jam

Sementara itu, pagar yang mengelilingi rumah jaga pintu air juga terlihat seperti baru dicat. Tak terkecuali kanstin pembatas taman.

Penanggung Jawab Pintu Air Flashing Ancol, Dede Armin mengatakan, awalnya rumah jaga pintu air ini dalam kondisi tidak terawat. Maka itu, timbul inisiatif dari para petugas untuk menciptakan keasrian rumah jaga seluas kurang lebih 300 meter persegi ini.

"Dulu kondisinya kurang perawatan, besi pagar banyak yang keropos. Kalau asri kan enak dilihat. Kita juga bikin toilet, tapi bukan untuk umum," ungkap Dede.

Ditambahkan Dede, biaya perawatan lingkungan di rumah jaga pintu air Flashing Ancol bersumber dari hasil patungan sesama PHL. Termasuk dirinya selaku penanggung jawab.

"Kita patungan sama teman-teman PHL. Beli cat, gerinda, kawat las, kuas, beli bibit tanaman. Ngerawat bareng-bareng, ini kan aset Pemda. Jadi nggak hanya sekadar ngejaga, tapi merawat lingkungan juga," tandas Dede.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1301 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1259 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1210 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1095 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye833 personFolmer