You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
11 Jenis Makanan dan Minuman Kadaluarsa Diamankan
Petugas gabungan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Supermarket Giant di Jl Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (11/7.
photo doc - Beritajakarta.id

Produk Kadaluarsa Masih Ditemukan di Jakut

Petugas gabungan dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP), bersama dengan Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Badan Pengawasan Obat dan Makanan serta Kepolisian Daerah Metro Jaya kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) produk makanan kadaluarsa di pasar swalayan dan pasar tradisional di Jakarta Utara, Senin (21/7). Hasilnya, berbagai produk ditemukan telah kadaluarsa dan rusak sehingga tidak layak konsumsi.  

Jangan sampai konsumen yang dirugikan karena membeli produk tak layak. Trennya memang marak mulai H-7

Sidak yang dilakukan di salah satu pasar swalayan, petugas menyisir hampir seluruh produk panganan termasuk parsel. Hasilnya, walau tidak ditemukan produk yang kadaluarsa maupun tak layak, tapi didapati produk makanan tahu yang sudah rusak kemasannya.

Sedangkan sidak yang dilakukan ke Pasar Rawabadak, ditemukan tepung roti, bumbu kaldu, sari kelapa dan mie telur asin, berbagai merek yang sudah kadaluarsa. Untuk produk yang ditemukan, petugas memberi pilihan untuk dibeli barangnya atau tidak dijual untuk ditukar ke distributor produk bersangkutan.

Disidak BKD, PNS Asyik Main Catur

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian, Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Irwansyah, mengatakan, tren peredaran panganan tak layak biasanya meningkat pada H-7 sebelum Idul Fitri. Hal itu karena kebutuhan panganan yang meningkat sehingga menurunkan kewaspadaan masyarakat saat membeli.

"Jangan sampai konsumen yang dirugikan karena membeli produk tak layak. Trennya memang marak mulai H-7," ujarnya, Senin (21/7).

Sedangkan Kepala Sudin UMKMKP Jakarta Utara, Almond Daniel, mengatakan, pihaknya selama ini melakukan pengawasan ke sejumlah pasar dan swalayan di Jakarta Utara secara rutin. Namun jelang Idul Fitri ini, pihaknya sengaja meningkatkan pengawasan.

"Hasilnya di Pasar Rawa Badak kita temukan beberapa produk yang kadaluarsa. Seperti tepung roti, bumbu kaldu, sari kelapa dan mie telur asin, dari berbagai merek," tegasnya.

Untuk selanjutnya, kata Almond, pihaknya akan melakukan sidak di beberapa lokasi lain di Jakarta Utara. Untuk barang temuan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas KUMKMP untuk menentukan langkah lanjutan.

Supinah (60), salah seorang pedagang yang barangnya kadaluarsa mengatakan, sejak beberapa bulan lalu ia memang telah menjual bumbu masakan di tokonya di lantai dasar blok AKS nomor 49-51.

"Memang itu barang kurang laku, makanya saya tidak awas kalau itu kadaluarsanya 13 Juni 2014. Nanti akan saya tukar ke distributornya dan tidak akan dijual ke konsumen," kilahnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye967 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye929 personAldi Geri Lumban Tobing