Anggota CPTA Lakukan Promosi Wisata Bersama
Tahun ini, Jakarta dipercaya menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan pertemuan dan pameran tahunan Council for Promotion of Tourism in Asia (CPTA) 2016. Kegiatan tersebut diikuti oleh delegasi dari tujuh Ibukota yang menjadi anggota CPTA.
Salah satunya yakni anggota CPTA berkomitmen untuk saling membantu dalam mempromosikan wisata dari masing-masing anggota di negaranya
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Catur Laswanto mengatakan, pertemuan diadakan selama empat hari yakni dari 3-6 September lalu. Ada beberapa kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut.
"Salah satunya yakni anggota CPTA berkomitmen untuk saling membantu dalam mempromosikan wisata dari masing-masing anggota di negaranya," kata Catur, Sabtu (15/10).
DKI Manfaatkan CPTA untuk Promosi PariwisataKetujuh Ibukota yang mengikuti pertemuan ini yakni Tokyo, Jakarta, Kuala Lumpur, Taipei, Hanoi, Metro Manila, dan Tomsk. CPTA sendiri secara rutin diselenggarakan setiap tahun di kota anggota secara bergantian untuk menjalin kerjasama dalam mempromosikan potensi pariwisata Asia secara terpadu ke kawasan Amerika dan Eropa.
Dia menambahkan pertemuan juga membicarakan mengenai promosi bersama. Misalnya promosi penggunaan One Asia Pass dengan memproduksi, mendistribusi, memposting brosur dan poster iklan pariwisata di kotanya masing-masing.
"Bahkan di Tokyo kami mendapatkan iklan gratis mengenai pariwisata di Jakarta. Iklan dibeberapa titik seperti stasiun dan subway. Mereka juga mendapatkan hal yang sama, bisa memasang iklan di bus Transkarta kami," ujarnya.
Menurut Catur, cara tersebut lebih murah dibandingkan dengan mengalokasikan anggaran sendiri untuk memasang iklan di negara lain. Kerjasama ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. "Wisata di Jakarta inu kan banyak. Wisata belanja juga menjadi daya tarik wisatawan asing datang ke Jakarta loh," tandasnya.
Bahkan, Catur menambahkan wisata belanja di Jakarta masuk kedalam 10 besar yang paling menarik di Dunia. Karena jumlah pusat perbelanjaan yang cukup banyak dan menawarkan harga yang bersaing.