You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kemang dan Mampang Banjir, Basuki Salahkan Warga Rusak Sheetpile
Kemang dan Mampang Banjir, Basuki Salahkan Warga Rusak Sheetpile .
photo doc - Beritajakarta.id

Banjir Semalam Akibat Sheet Pile Dirusak Warga

Hujan deras yang mengguyur ibu kota, Senin (11/8) sore kemarin menyebabkan sejumlah wilayah di Jakarta Selatan terendam banjir. Banjir paling parah melanda kawasan Kemang dan Mampang.

Banjir itu karena lebar Kali Krukut cuma dua sampai tiga meter. Kasusnya sama dengan Kali Sunter dan Sentiong

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama mengaku telah menerima laporan terkait banjir yang terjadi di kawasan Kemang dan Mampang. Berdasarkan laporan yang ia terima, selain disebabkan meluapnya Kali Krukut, banjir juga dikarenakan banyak sheet pile yang dirusak warga.

"Banjir itu karena lebar Kali Krukut cuma dua sampai tiga meter. Kasusnya sama dengan Kali Sunter dan Sentiong," kata Basuki, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (12/8).

Bantuan untuk Korban Banjir Didistribusikan

Dikatakan Basuki, sheet pile telah dipasang sebagai dinding sungai di bantaran Kali Krukut. Namun, shee tpile yang telah terpasang justru dirusak oleh warga. Tujuannya agar air mengenangi kawasan warga bisa mengalir ke sungai. Namun hal tersebut justru berbalik saat sungai sudah tidak mampu menampung air.

"Jadi sudah kita pasang sheet pile di sungai. Tapi yang di kawasan kumuh, saat pemukiman mereka terendam itu sheet pile justru dibobok dan dibolongin supaya air masuk ke sungai," katanya.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, idealnya untuk menampung air, Kali Krukut dilebarkan mencapai 20 sampai 30 meter. Karena itu, rencanannya kawasan kumuh di bantaran Kali Krukut akan ditertibkan. "Untuk kawasan kumuh di Kali krukut dibongkar sajalah. Karena sungai itu tidak bisa dibuat 3 meter nggak akan kuat nampung air pasti meluap. Idealnya dilebarkan 20 sampai 30 meter," ucapnya.

Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur ibu kota membuat sebagian ruas jalan di ibu kota tergenang. Ketinggian air bervariasi antara 10-80 sentimeter. Lokasi yang paling parah tergenang yakni kawasan Kemang dan Mampang dengan ketinggian air mencapai 80 sentimeter. Akibatnya lalu lintas di lokasi tersebut lumpuh.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye1168 personAnita Karyati
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1032 personFolmer
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye959 personAnita Karyati
  4. Putra Putri Pelajar Indonesia Dikenalkan Urban Farming Jakarta

    access_time25-06-2024 remove_red_eye947 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Ancol Hadirkan Beragam Acara Seru di Momen Libur Sekolah

    access_time26-06-2024 remove_red_eye783 personAldi Geri Lumban Tobing