You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Terapkan ERP, DKI Siapkan 50 Bus Tingkat Gratis
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama mengatakan, pihaknya akan segera mengajukan pengadaan 50 unit bus tingkat. Nantinya bus tersebut bisa digunakan secara gratis oleh pengendara yang biasa melintas di rute ERP. "Ini ki.
photo doc - Beritajakarta.id

Bus Tingkat Gratis Akan Diluncurkan di Jalur ERP

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana mengoperasikan bus tingkat gratis, khususnya di jalur electronic road pricing (ERP). Sehingga pengguna kendaraan pribadi memiliki pilihan transportasi yang aman, nyaman, dan murah.

Kami diminta untuk mengoperasikan bus gratis di jalur ERP. Kemungkinan besar bus tingkat. Akan ada rute-rute pendek yang akan dilewati

Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius Kosasih mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rute pendek untuk operasional bus tingkat gratis. Rencananya pengadaannya akan dilakukan sebelum sistem ERP diterapkan pada awal tahun depan.

"Kami diminta untuk mengoperasikan bus gratis di jalur ERP. Kemungkinan besar bus tingkat. Akan ada rute-rute pendek yang akan dilewati. Pengadaannya dipercepat supaya bisa dioperasikan sebelum penerapan ERP," kata Kosasih di Balaikota, Rabu (13/8).

Terapkan ERP, DKI Siapkan 50 Bus Tingkat Gratis

Kosasih menjelaskan, rute yang disiapkan yakni Kuningan-Jl Casablanca-Jl Gatot Subroto kembali ke Kuningan. Rute lainnya yakni Jl Sudirman-Jl Gatot Subroto-TVRI-Senayan City kembali ke Jl Sudirman lagi.

Menurut Kosasih, terkait armada bus yang akan dibeli, pihaknya masih menunggu anggaran dari Pemprov DKI Jakarta dan disetujui oleh DPRD DKI Jakarta. Pembelian bus akan dilakukan melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP). "Poinnya bus yang akan dibeli adalah bus yang sudah terdaftar di LKPP. Tentunya di LKPP kan harga satuan," ucapnya.

Ditegaskan Kosasih, keberadaan bus tingkat ini bukanlah menjadi saingan angkutan umum lainnya, seperti Transjakarta serta Kopaja dan Metromini. Sebab rute yang disiapkan hanya rute pendek. Selain itu, kecepatan bus tidak seperti angkutan umum lainnya.

"Ini bukan saingan. Apalagi baik Transjakarta dan ini sama-sama mendapat subsidi dari pemerintah. Tujuannya pelayanan pada masyarakat. Nanti mungkin rutenya dari mal ke mal," ujar Kosasih.

Menurut Kosasih, prinsip transportasi umum ada tiga, yakni bagus, cepat, dan murah. Namun dalam pelaksanaannya setiap angkutan umum hanya bisa memberikan dua poin saja. "Jadi kalau bagus dan cepat, tidak bisa murah. Kalau bagus dan murah, pasti enggak bisa cepat. Kalau cepat dan murah, pasti enggak bagus," paparnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2645 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2269 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1879 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1334 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1220 personAnita Karyati