You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
bantaran kali mampang ilustrasi
bantaran kali mampang ilustrasi .
photo doc - Beritajakarta.id

Bangunan Liar di Bantaran Kali Mampang Segera Dibongkar

Upaya meminilalisir banjir dan genangan terus dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satunya dengan melakukan normalisasi Kali Mampang, Jakarta Selatan. Dalam waktu dekat, ratusan bangunan liar yang berdiri di sepanjang bantaran kali dan berada di tiga wilayah kelurahan segera dibongkar Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan.

Pembongkaran bangunan liar di bantaran kali akan dilakukan pada 18 dan 19 Agustus terkait normalisasi Kali Mampang yang sudah tertunda bertahun-tahun

"Pembongkaran bangunan liar di bantaran kali akan dilakukan pada 18 dan 19 Agustus terkait normalisasi Kali Mampang yang sudah tertunda bertahun-tahun," kata Fidiyah Rokhim, Camat Mampang Prapatan, Rabu (13/8).

Sebagai persiapan, kata Fidiyah, pihaknya sudah melayangkan surat peringatan kepada sekitar 200 kepala keluarga (KK) yang bermukim di Kelurahan Tegal Parang, Pela Mampang dan Mampang Prapatan.

Penertiban PKL di TPU Prumpung Ricuh

Dikatakan Fidiyah, sebelum surat peringatan dilayangkan, pihak kecamatan dan kelurahan juga sudah memberi sosialisasi kepada ratusan KK di bantaran Kali Mampang agar segera pindah.

"Kami menyediakan alternatif tempat tinggal bagi warga yang setuju untuk direlokasi ke rumah susun di kawasan Jakarta Timur," ujar Fidiyah.

Saat penertiban pekan depan, rencananya akan dikerahkan eskavator amphibi dan satu eskavator pendukung untuk mengeruk lumpur serta membersihkan sampah di ke dua sisi kali dan membongkar ratusan rumah liar. "Mudah-mudahan dengan normalisasi bisa mengurangi potensi banjir di kawasan tersebut," ucapnya.

Seperti diketahui, Senin (11/8) lalu pembatas kali yang dibuat warga RW 06 Pela Mampang secara swadaya berupa ratusan karung pasir rontok akibat debit air yang kencang saat hujan lebat. Akibatnya, ratusan rumah warga banjir hingga ketinggian satu meter.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1177 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1105 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1098 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye905 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye904 personNurito