You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Basuki: Pramuka Harus Jadi Agen Perubahan
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meminta agar seluruh anggota Pramuka yang ada di wilayah ibu kota menjadi agen perubahan demi terciptanya Jakarta yang lebih baik. Perubahan itu sendiri bisa dilakukan dalam skala kecil, seperti mel.
photo Wahyu Ginanjar Ramadhan - Beritajakarta.id

Basuki: Pramuka Harus Jadi Agen Perubahan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meminta agar seluruh anggota Pramuka yang ada di wilayah ibu kota menjadi agen perubahan demi terciptanya Jakarta yang lebih baik. Perubahan itu sendiri bisa dilakukan dalam skala kecil, seperti melaporkan ke pihak sekolah apabila ada teman-temannya yang putus sekolah karena tidak mampu secara finansial.

Pramuka harus menjadi agen perubahan, dimulai dari menciptakan perubahan di lingkungannya sendiri, kemudian menciptakan perubahan dalam skala yang lebih besar lagi

"Pramuka harus menjadi agen perubahan, dimulai dari menciptakan perubahan di lingkungannya sendiri, kemudian menciptakan perubahan dalam skala yang lebih besar lagi," kata Basuki saat menjadi inspektur upacara HUT Gerakan Pramuka ke-53 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (14/8).

Menurut Basuki, perubahan bisa dilakukan dengan beragam cara. Contohnya bisa ditunjukan dengan cara meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Misalnya saja jika ada tetangga yang membutuhkan bantuan hendaknya segera dilaporkan ke petugas puskesmas atau kelurahan.

Basuki: Pramuka Tingkatkan Disiplin Anak

"Kalau di sekitar rumahnya atau mengetahui ada orang-orang tua yang sakit, butuh obat, tongkat jalan, kursi roda, puskesmas keliling dan sebagainya, itu agar dilaporkan ke puskesmas atau ke rumah sakit supaya bisa kita bantu," ujar Basuki.

Melalui cara-cara seperti itu, maka diharapkan kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat. Gerakan Pramuka juga dapat dimanfaatkan untuk melatih dan meningkatkan rasa kepedulian antar sesama. "Oleh karena itu, gerakan Pramuka harus lebih dioptimalkan. Kalau maksimal, maka karakter anak-anak muda akan semakin kuat dan terbentuk ke arah yang lebih baik. Sehingga kita bisa jadi bangsa pemenang," tutur basuki.

Pada kesempatan itu, dicanangkan juga Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Kurikulum 2013 di Jakarta. Ke depan melalui Pramuka, maka pendidikan serta pembentukan karakter dapat dipersiapkan sejak dini. Sehingga, masa depan bangsa semakin cemerlang.

Dengan adanya ekstrakurikuler ini, lanjut Basuki, juga bisa menghindarkan anak-anak dari bahaya narkoba. Karena dalam ekstrakurikuler ini akan diajarkan berbagai macam kegiatan yang menghindarkan dari hal-hal negatif.

Menurutnya banyak nilai positif yang dapat diambil dari gerakan Pramuka, terutama terkait kedisiplinan. Rasa disiplin yang ditanamkan sejak kecil dapat melatih anak agar terbiasa mentaati peraturan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1271 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1237 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1188 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1071 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye809 personFolmer