You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Rutin PSN, Angka DBD di Kebayoran Lama Menurun
.
photo Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id

Peningkatan Intensitas PSN Tekan Kasus DBD di Kebayoran Lama

Angka kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ditriwulan pertama 2017 menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pernah kita melakukan PSN di pemakaman. Hasilnya kita temukan banyak jentik nyamuk dalam vas bunga. Vas itu kemudian kita bor dan ada juga kita berikan ke pihak pengelola pemakaman

Data yang diperoleh dari Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, periode Januari-Maret 2017 ini kasus DBD hanya 58. Sementara diperiode yang sama pada tahun 2016 mencapai 282 kasus.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Selvy Devita mengatakan, penurunan tersebut dikarenakan kesadaran warga menjaga lingkungan meningkat. Selain itu kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang diadakan menjadi dua kali seminggu juga menjadi faktor penting menekan kasus DBD di wilayahnya.

Pembentukan Unit Pemberantasan Pungli Disosialisasikan ke 100 Lurah

"Kita tidak pernah lelah untuk mengimbau kepada warga menjaga kebersihan lingkungan, dan pemberantasan sarang nyamuk. Agar tidak ada kesempatan nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak," ujarnya, Selasa (16/5).

Camat Kebayoran Lama, Sayid Ali menambahkan, PSN bukan hanya di kawasan permukiman. Beberapa taman pemakaman umum (TPU) yang ada di wilayahnya juga menjadi sasaran PSN.

"Pernah kita melakukan PSN di pemakaman. Hasilnya kita temukan banyak jentik nyamuk dalam vas bunga. Vas itu kemudian kita bor dan ada juga kita berikan ke pihak pengelola pemakaman," tandasnya.

Untuk periode tersebut, kasus DBD tertinggi berada di Kelurahan Grogol Selatan dengan 17 kasus, kemudian Kebayoran Lama Selatan 13 kasus, Cipulir dan Kebayoran Lama Utara sembilan kasus, sedangkan Grogol Utara dan Pondok Pinang lima kasus.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1169 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito