You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
sementara hingga kini mereka belum memiliki KTP elektronik
Saat ini.
photo doc - Beritajakarta.id

Besok, Operasi Binduk Digelar di Tanah Abang

Upaya menekan jumlah pendatang baru dan meminimalisir jumlah penduduk yang tidak memiliki kelengkapan administrasi terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat.

Besok, kita akan menggelar operasi di Kecamatan Tanah Abang. Rencananya, pukul 17.00 kita lakukan apel di sana

Setelah menggelar operasi bina kependudukan (Binduk) di Kecamatan Senen pada pekan lalu, besok giliran kawasan Tanah Abang yang dijadikan sasaran.

Dipilihnya Tanah Abang sebagai target operasi karena disinyalir banyak pendatang baru yang tersebar di tujuh kelurahan di wilayah itu belum memiliki kartu identitas. Apalagi, pasca Lebaran lalu diperkirakan ada 2.600 pendatang baru masuk wilayah Jakarta Pusat dan paling banyak tinggal di kawasan Tanah Abang.

Operasi Binduk Segera Digelar di Senen

"Besok, kita akan menggelar operasi di Kecamatan Tanah Abang. Rencananya, pukul 17.00 kita lakukan apel di sana," ujar Yudi Hermawan, Kepala Seksi Penertiban dan Kerja Sama Kependudukan Sudin Dukcapil Jakarta Pusat, Selasa (26/8).

Rencananya, operasi akan digelar di Kelurahan Kebon Kacang dan Kebon Melati. "Di sana (Kebon Kacang dan Kebon Melati) banyak pendatang yang tidak memiliki KTP DKI Jakarta. Dari data kita, ada sekitar 600 pendatang yang belum memiliki KTP," katanya.

Nantinya, lanjut Yudi, Sudin Dukcapil Jakpus akan menerbitkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) bagi para pendatang yang berhasil dijaring.

"Memang kita akan buatkan SKDS buat mereka, tapi surat itu sifatnya sementara. Kalau masih mau menetap di Jakarta harus mengurus KTP Jakarta," ungkapnya.

Demi kelancaran operasi, kata Yudi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tingkat kelurahan hingga kecamatan serta aparat kepolisian. "Untuk operasi besok, kita kerahkan 100 personel dari Satpol PP dan polisi," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1816 personAnita Karyati
  2. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1816 personNurito
  3. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1814 personNurito
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1784 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1736 personAnita Karyati