You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Revitalisasi Terminal Muara Angke Akan Rampung Desember.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 119,51 miliar untuk revitalisasi empat terminal di ibu kota, salah satunya adalah Terminal Muara Angke, yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara..
photo Bayu Suseno - Beritajakarta.id

2015, Terminal Muara Angke Bebas Banjir

Pemandangan banjir rob yang biasa terlihat di Terminal Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, dipastikan tidak akan ada lagi. Sebab, terminal tersebut akan ditinggikan antara 1 hingga 2 meter sehingga pada awal tahun 2015 sudah bisa difungsikan tanpa takut tergenang air.

Saat ini memang baru lima persen dan sedang dipasang tiang-tiang pancang, tapi kami yakin terminal ini sudah bisa dioperasikan awal tahun depan

Terminal Muara Angke saat ini memang tengah direvitalisasi menjadi lebih modern. Salah satunya adalah meninggikan areal terminal sehingga kawasan terminal tidak lagi digenangi banjir rob. Pembangunan terminal yang letaknya berdekatan dengan Pelabuhan Muara Angke itu sudah dimulai sejak awal September lalu dengan anggaran sebesar Rp 9 miliar.

Kepala Unit Pengelola Terminal Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Anton R Parura mengatakan, pihaknya optimis revitalisasi Terminal Muara Angke dapat diselesaikan tepat waktu pada akhir Desember mendatang.

4 Terminal Direvitalisasi Tahun Ini

"Saat ini memang baru lima persen dan sedang dipasang tiang-tiang pancang, tapi kami yakin terminal ini sudah bisa dioperasikan awal tahun depan," kata Anton, Sabtu (6/9).

Anton menambahkan, kendala utama dalam pembangunan terminal ini adalah banjir rob yang kerap menggenangi areal proyek. Untuk itu pihaknya sudah mengantisipasinya dengan cara menyedotnya dengan pompa portabel.

Sekadar diketahui, untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna angkutan umum di ibu kota, Pemprov DKI Jakarta berencana merevitalisasi empat terminal pada tahun ini. Keempatnya yakni, Terminal Rawamangun, Terminal Klender, Terminal Pinang Ranti, dan Terminal Muara Angke.

Anggaran yang disiapkan untuk revitalisasi masing-masing terminal bervariasi karena anggaran disesuaikan dengan luas terminal yang ada. Untuk Terminal Rawamangun disiapkan anggaran sebesar Rp 48 miliar. Kemudian Terminal Pinang Ranti Rp 23 miliar, Terminal Muara Angke Rp 9 miliar, dan Terminal Klender sebesar Rp 248 miliar.

Revitalisasi keempat terminal ini tidak dilakukan dengan tahun jamak, melainkan hanya single years. Terminal Pinang Ranti memiliki luas 23.731 meter persegi, Terminal Rawamangun seluas 11.958 meter persegi, Terminal Muara Angke seluas 1.266 meter persegi, dan Terminal Klender 3.675 meter persegi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1205 personFolmer
  2. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1135 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1132 personAnita Karyati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye934 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye932 personNurito