You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Lokbin Kramatjati rusak parah
.
photo Hendi Kusuma - Beritajakarta.id

Rusak Parah, Lokbin Pasar Kramatjati Sepi Pembeli

Lokasi binaan (Lokbin) penampungan pedagang kaki lima (PKL) Pasar Kramatjati, di Jalan Raya Bogor, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur, saat ini kondisinya rusak parah. Bahkan, karena tak kunjung diperbaiki, pembeli pun enggan datang ke lokasi tersebut.

Kalau hujan dagangan saya sering basah, sehingga terpaksa harus pakai terpal. Belum lagi tiang dan atap plafon sudah berkarat, saya takut bangunannya roboh

Pantauan beritajakarta.com, kerusakan mulai terlihat dari depan yaitu kondisi jalan yang rusak dan tergenang. Sejumlah lapak yang terbuat dari kayu tampak penuh dengan coretan. Atap bangunannya bocor, tiang penyangganya sudah berkarat dan lapak-lapak kini dijadikan sebagai gudang peti ikan. Belum lagi sejumlah fasilitas seperti toilet yang kumuh dan kotor membuat pasar tersebut makin sepi pembeli.

Jokowi Resmikan Lokbin Lorong 103 Koja

"Kalau hujan dagangan saya sering basah, sehingga terpaksa harus pakai terpal. Belum lagi tiang dan atap plafon sudah berkarat, saya takut bangunannya roboh," ujar Neneng (42) pedagang sayur di lokasi, Rabu (24/9).

Sai (50) petugas keamanan lokbin mengatakan, dulu lokbin penuh pedagang dan pembeli. Tapi karena tidak ada renovasi dari pemerintah, perlahan mulai ditinggalkan. Selain itu banyak pedagang tidak resmi juga berjualan dengan menutup jalan masuk, sehingga membuat orang malas berbelanja.

"Total kios yang ada di lokbin ada sekitar 80, tetapi yang terisi hanya 40. Sisanya banyak yang rusak dan dijadikan gudang pisang dan peti ikan," jelasnya.

Terkait hal itu, Kepala Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Timur, Albertus Mikhael mengatakan, perbaikan dan pembangunan lokbin menjadi wewenang dinas. Pihaknya hanya bersifat pengawasan dan pembinaan saja.

"Kita hanya bersifat pengawasan dan pembinaan pada pedagang," ucapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1252 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1235 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1182 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1067 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye800 personBudhi Firmansyah Surapati