You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Petugas Pemadam Masih Disiagakan di Taman BMW
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Petugas Pemadam Masih Disiagakan di Taman BMW

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara tetap menyiagakan posko pemadam di kawasan Kawasan Taman Bersih Manusiawi Wibawa (BMW), Papanggo, Tanjung Priok.

Dulunya bekas tempat pembuangan sampah, sehingga secara kimiawi memancarkan panas. Ini memicu timbulnya kepulan asap dari bekas tumpukan sampah

"Kita lakukan sistem gilir karena lahannya bekas pembuangan sampah. Kalau dipermanenkan (petugas), kasihan nanti bisa terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Apalagi debunya sangat tebal," ujar Satriadi Gunawan, Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Utara, Senin (13/11).

Petugas pemadam diperlukan untuk mencegah kebakaran pada tanah yang di bawahnya banyak timbunan sampah. Secara kimiawi, lahan menimbulkan panas dan dari dalam tanah atau bekas tumpukan sampah mengeluarkan asap tebal.

Turap Saluran PHB Inlet Taman BMW Diperbaiki

Posko tersebut dilengkapi dengan mobil pemadam berkapasitas 4.000 liter. Ada 5-6 personel yang setiap harinya menjaga pos selama 24 jam. "Dulunya bekas tempat pembuangan sampah, sehingga secara kimiawi memancarkan panas. Ini memicu timbulnya kepulan asap dari bekas tumpukan sampah," ucapnya.

Sementara, Kepala Regu Pos Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Catursasi Hari Asmoro menambahkan, saat ini intensitas kebakaran jauh menurun dibandingkan saat kawasan tersebut baru ditertibkan.

"Sejak lahan diratakan, volume kebakaran atau kepulan asap di Taman BMW ini sangat berkurang. Paling kejadiannya sebulan sekali dan itupun mulai jarang karena sering diguyur hujan juga," tandasnya.

Pantauan di lapangan, Senin (13/11), ada lima alat berat digunakan untuk meratakan gunungan tanah. Terutama pada sisi timur, atau dekat dengan Waduk Cilincing. Sementara pada bagian sisi timur dan selatan, masih terdapat bekas tumpukan sampah.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito