You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
jokowi resmikan gas pgn rusun marunda
.
photo Bayu Suseno - Beritajakarta.id

Jokowi Dorong Penggunaan Gas Bumi untuk Rumah Tangga

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meresmikan pemanfaatan gas bumi di rumah susun sewa (rusunawa) Marunda, Kamis (25/9). Alhasil, untuk keperluan memasak, kini warga rusun tak perlu lagi menggunakan gas elpiji karena unit mereka dialiri gas dari Perusahaan Gas Negara (PGN).

Dengan penggunaan gas dari PGN maka warga akan hemat sekitar 40 persen dibanding penggunaan gas elpiji

Nantinya, total 700 unit yang ada di Rusunawa Marunda akan dialiri gas dari PGN. Sebagai tahap awal, 500 unit di cluster A saat ini sudah dipasangi instalasi dan 280 diantaranya sudah bisa menikmati aliran gas tersebut. Sedangkan sisanya sebanyak 200 unit di cluster B akan menyusul. 

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI, Yonathan Pasodung mengatakan, selain Rusunawa Marunda, ada beberapa rusun lain yang akan dialiri gas. Tahun ini, rusunawa milik Pemprov DKI yang akan dialiri gas yakni, 1.000 unit di Rusnawa Tipar Cakung, 560 unit di Rusunawa Flamboyan, 100 unit di Rusunawa Sukapura, 320 unit di Rusunawa Tebet harum dan 120 unit di Rusun Tebet Berlian. "Dengan penggunaan gas dari PGN maka warga akan hemat sekitar 40 persen dibanding penggunaan gas elpiji," ujar Yonathan, Kamis (25/9).

Penjualan Solar Bersubsidi Distop, SPBU di Jakpus Sepi

Dirut PT PGN Hendi Prio Santoso menambahkan, penggunaan gas bumi lebih aman dibanding penggunaan gas elpiji. Sebab, secara massa jenis, gas bumi lebih ringan dari udara. Sehingga bila terjadi kebocoran dia akan menguap. Selain itu, secara harga, gas bumi juga lebih ekonomis. Untuk setiap meter kubik, PGN menghargai senilai Rp 2.600.

"Biasanya konsumsi rumah tangga hanya 10 meter kubik sebulan. Sehingga dalam sebulan hanya Rp 26 ribuan, ini lebih murah dari pada membeli gas tabung elpiji," katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan, pihaknya akan mendorong penggunaan gas bumi di kalangan rumah tangga. Terlebih, dengan menggunakan gas bumi, setiap bulan rumah tangga bisa menghemat Rp 20-30 ribu. "Kalau di kalkulasi selama setahun kan banyak juga. Lagian gas bumi kita tidak usah impor, ini total dari dalam negeri dan kita punya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1098 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye988 personAldi Geri Lumban Tobing