You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Besok, Dishub Ujicoba ERP di Kuningan
Besok, Dishub Ujicoba ERP di Kuningan .
photo doc - Beritajakarta.id

Besok, ERP di Kuningan Mulai Diujicobakan

Sistem Elektronic Road Pricing (ERP) di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, mulai diujicobakan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI pada Selasa (30/9) besok. Sama seperti di Jalan Sudirman, uji coba kali ini juga akan dilakukan selama tiga bulan ke depan.

Iya besok akan dimulai uji coba tahap kedua di Kuningan. Semua persiapan sudah dilakukan. Kemungkinan sore baru akan dimulai

Kepala Dinas Perhubunggan DKI Jakarta, M akbar membenarkan, penerapan uji coba kedua akan dilakukan pada Selasa (30/9) besok. Sebanyak 100 on board unit (OBU) dipasang di 100 kendaraan yang terdiri dari kendaraan milik masyarakat, petugas Dinas Perhubungan, dan karyawan perusahaan.

"Iya besok akan dimulai uji coba tahap kedua di Kuningan. Semua persiapan sudah dilakukan. Kemungkinan sore baru akan dimulai," kata Akbar, di Balaikota DKI Jakarta, Senin (29/9).

ERP Siap Diuji Coba di Jl Rasuna Said

Menurut Akbar, sama halnya seperti di Jalan Sudirman, uji coba di Kuningan juga untuk melihat operasional alat yang dipasang. Berdasarkan hasil evaluasi, kendala yang dihadapi adalah masih banyak kendaraan yang menggunakan plat nomor modifikasi. Sehingga tidak dapat terbaca oleh alat ERP.

Dengan adanya uji coba ini, bisa dilihat kelemahan dari alat sehingga bisa disempurnakan. Selain itu, alat juga akan disesuaikan dengan bentuk plat nomor di Indonesia. Untuk dapat menjalankan sistem ini akan dibentuk badan otoritas ERP. Nantinya mereka yang akan menindak bagi kendaraan yang melanggar jalur ERP.

"Nanti sistem akan disempurnakan untuk memahami karakter huruf di Indonesia. Kemudian jika plat nomornya tidak terbaca maka fisik kendaraan bisa disimpan datanya oleh sistem. Ketika nanti melintas lagi sistem bisa menandai. Sehingga otoritas ERP itu bisa penangkapan di jalan," ucapnya.

Menurut Akbar, bentuk gerbang ERP Kapsch Swedia di Jalan Sudirman berbeda dengan milik Q-free asal Norwegia. Jika milik Kapsch gerbangnya seperti bentuk gawang. Sementara gerbang ERP yang dipasang di Kuningan berbentuk L terbalik. Namun secara prinsip seluruhnya tidak terlalu berbeda. Seperti penggunaan OBU, kamera dan sensor.

Rencananya, area penerapan ERP akan dibagi dalam tiga area. Area I, Blok M-Stasiun Kota, Jl Gatot Subroto (Kuningan-Senayan), Jl Rasuna Said-Tendean, Tendean-Blok M serta Jl Asia Afrika-Pejompongan.

Area II meliputi, Dukuh Atas – Manggarai – Matraman – Gunung Sahari serta Jatinegara – Kampung Melayu – Casablanca – Jl Satrio – Tanah Abang. Kemudian, area III meliputi Grogol – Roxi – Harmoni, Tomang – Harmoni – Pasar Baru, Cempaka Putih – Senen – Gambir, Cawang – Pluit – Tanjung Priok, Cawang – Tanjung Priok, Sunter – Kemayoran.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1042 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye848 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati