You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Tugaskan BUMD Transjakarta Beli 100 Bus Wisata
BUMD Transjakarta akan mendapatkan tugas tambahan mengoperasikan bus tingkat gratis. Rencananya Pemprov DKI Jakarta akan memberikan penyertaan modal pemerinrtah (PMP) untuk pembelian 100 bus tingkat tahun ini. Pembelian bus ini untuk mendukung siste.
photo doc - Beritajakarta.id

Dukung ERP, Transjakarta Akan Beli 100 Bus Tingkat

Untuk mendukung Pemprov DKI Jakarta yang akan memberlakukan electronic road pricing (ERP) atau jalan berbayar, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mendapatkan tugas tambahan mengoperasikan bus tingkat gratis. Rencananya Pemprov DKI akan memberikan penyertaan modal pemerinrtah (PMP) untuk pembelian 100 bus tingkat tahun ini.

Bus kita tidak cukup. Kita akan melakukan kir yang ketat. Sebab kalau kamu lakukan kir yang ketat hilang tidak bus-bus (Metromini dan Kopaja) itu?

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pembelian bus tingkat sengaja diberikan kepada PT Transjakarta, karena nantinya semua semua pengelolaan transportasi umum di bawah PT Transjakarta.

Untuk tahun ini, direncanakan akan dibeli sebanyak 100 bus tingkat. Tujuannya untuk mendukung sistem ERP. Bus-bus tersebut akan di operasikan di jalur ERP. "Sebanyak 100 bus tingkat untuk tahun ini," kata Basuki, di Balaikota, Rabu (13/8).

Bus Tingkat Gratis Akan Diluncurkan di Jalur ERP

Nantinya, pembelian bus tingkat tersebut akan melalui e-catalog. Jika tahun ini tidak bisa semua bus dibeli, maka akan dilanjutkan pada tahun depan. "Kalau tahun ini tidak bisa semua dilanjutkan tahun depan. Tapi kita tidak mau tender pokoknya," ucap mantan Bupati Belitung Timur ini.

Basuki menambahkan, nantinya bus tingkat akan melintas setiap 10 menit sekali. Sehingga diharapkan pengendara baik kendaraan roda dua maupun roda empat bisa beralih kepada angkutan ini. Selain itu, bus tingkat yang sudah ada juga akan digeser dan dioperasikan oleh Transjakarta.  "Ini gratis, nanti tiap 10 menit akan melintas," ujarnya.

Basuki menambahkan, bus-bus tingkat itu akan dioperasikan di ruas-ruas penting, seperti di kawasan Semanggi, Kota Tua, Kuningan, Gunung Sahari hingga Ancol dan Kemayoran. "Jadi yang di pusat-pusat yang mau kita kasih supaya mendorong mobil-mobil yang jelek itu ke pinggir," katanya.

Basuki juga menjelaskan, pengoperasian bus  tingkat tersebut tidak akan mengganggu operasi bus yang sudah ada, baik Transjakarta maupun Metromini atau Kopaja. "Bus kita tidak cukup. Kita akan melakukan KIR yang ketat. Sebab kalau kamu lakukan KIR yang ketat, hilang tidak bus-bus (Metromini dan Kopaja) itu? Lalu kalau dia beli baru digabung dengan Transjakarta. Kita bayar rupiah per kilometer," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2643 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2267 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1877 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1218 personAnita Karyati