You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dishub Siapkan Pengalihan Arus Selama Jakarta Marathon
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar mengatakan, beberapa jalan akan ditutup saat Jakarta Marathon. Selain itu, beberapa koridor Transjakarta yang melintas sepanjang rute akan stop operasi dan perpendekan rute. "Iya beberapa jalan ak.
photo doc - Beritajakarta.id

Sejumlah Ruas Jalan Ditutup Saat Jakarta Marathon

Sejumlah ruas jalan protokol di ibu kota, koridor bus Transjakarta, dan pintu tol dalam kota akan ditutup selama berlangsungnya Jakarta Marathon 2014 pada Minggu (26/10) mendatang. Penutupan dimulai pukul 04.00 hingga 12.00.

Iya beberapa jalan akan ditutup selama Jakarta Marathon

Rute Jakarta Marathon diawali dari Silang Monas Barat Daya menuju Jalan Budi Kemuliaan, Jl Abdul Muis, Jl Majapahit, Jl Gajah Mada, Jl Pintu Besar Selatan, Jl Kunir, Jl Lada Dalam (Museum Sejarah Jakarta), Jl Hayam Wuruk, Jl Juanda, Jl Pos (Pasar Baru), Masjid Istiqlal, Jl Veteran, Jl Medan Merdeka Barat, Jl MH Thamrin, Jl Imam Bonjol, Jl Rasuna Said, Jl Gatot Subroto, Jl Gerbang Pemuda, Jl Asia Afrika, Plaza Senayan, Jl Hang Tuah, Jl Sisingamangaraja, Jl Sudirman, Jl MH Thamrin, Silang Barat Daya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar, mengatakan, beberapa ruas jalan akan ditutup saat Jakarta Marathon 2014. Selain itu, beberapa koridor Transjakarta yang melintas sepanjang rute akan stop operasi dan perpendekan rute. "Iya, beberapa ruas jalan akan ditutup selama Jakarta Marathon," kata Akbar, Kamis (23/10).

Festival Budaya Nusantara Ramaikan Jakarta Marathon

Arus kendaraan dari Jembatan Lima menuju Asemka dialihkan ke Jl Perniagaan-flyover Tubagus Angke. Arus kendaraan dari Penjagalan menuju Asemka dialihkan ke Jl Perniagaan-flyover Tubagus Angke atau ke kiri Jl Perniagaan-Pintu Kecil. Arus kendaraan dari Pangeran Jayakarta menuju Beos dialihkan ke Jl Pinangsia Timur-Mangga Besar.

Kemudian kendaraan dari Gunung Sahari melalui Jl RA Kartini dialihkan ke Jl Karang Anyar Utama. Kendaraan dari KH Hasyim Azhari menuju Gajah Mada dialihkan ke Jl Cideng Timur atau Jl Sanghaji. Selain itu, kendaraan dari arah Kyai Caringin menuju Harmoni dialihkan ke Cideng Barat maupun Cideng Timur. Kendaraan dari arah Jatibaru menuju Abdul Muis atau menuju Kebon Sirih dialihkan melalui Jl Cideng Timur atau KH Mas Mansyur.

Sementara kendaraan dari Jl Samanhudi menuju Jl Hayam Wuruk di alihkan ke Pecenongan-Jl Juanda-Jl Pos, dan seterusnya, atau putar balik ke arah Gunung Sahari. Kendaraan dari Kwitang menuju Jl Thamrin atau Jl Medan Merdeka Timur dialihkan ke Jl Ridwan Rais-Jl Medan Merdeka Selatan-Jl Agus Salim atau putar balik ke Doorbrak Gramedia Kwitang arah Senen.

Kendaraan dari Jl S Parman menuju Jl Gatot Subroto dialihkan melalui Jl KS Tubun atau Jl Palmerah dan Pejompongan. Kemudian dari arah Jl Satrio menuju Jl Sudirman lurus ke flyover Karet-Jl Mas Mansyur. Dari arah Casablanca atau Jl Satrio menuju Jl Rasuna Said diluruskan ke flyover Casablanca di kedua arah tersebut. Kendaraan dari Jl Galunggung maupun menuju Sudirman diluruskan kedua arah.

Selain itu, kendaraan dari Jl Diponegoro menuju Jl Imam Bonjol dialihkan ke Jl Madiun-Jl Halimun-Jl Sultan Agung-Jl Diponegoro-Jl Cik Ditiro. Kendaraan dari Jl Hos Cokroaminoto dan Jl Samratulangi menuju Jl Imam Bonjol dialihkan ke kiri Jl Sutan Syahrir. Arus kendaraan tol dalam kota darat timur ke barat yang mau keluar di depan Cakra, diluruskan keluar depan DPR/MPR.

Untuk operasional Transjakarta juga akan disesuaikan. Koridor 1 (Blok M-Kota) akan ditutup total dari pukul 05.00-11.00. Kemudian pada pukul 11.00 mulai beroperasi namun rutenya diperpendek sehingga hanya melayani Harmoni-Kota saja. Koridor II (Harmoni-Pulogadung) juga diperpendek rutenya hanya melayani Senen-Pulogadung dan mulai beroperasi pukul 10.00.

Sementara itu, pintu tol dalam kota juga akan ditutup. Hanya saja waktunya berbeda yakni dari pukul 06.00 hingga 12.00 WIB. Akses yang akan ditutup yakni yang dari arah Cawang di antaranya gerbang tol masuk Pancoran, pintu keluar Kuningan/Mampang, gerbang tol masuk Kuningan, pintu keluar Semanggi/Polda Metro, dan gerbang tol masuk Senayan. Sementara yang dari arah Grogol yakni gerbang tol masuk Semanggi dan pintu keluar Pancoran/Pasar Minggu.

Dia menuturkan, saat acara digelar arus lalu lintas tidak terlalu padat, karena bertepatan pada hari libur. Kendati demikian, kendaraan tetap bisa melalui jalan yang sejajar. "Itu kan hari minggu, relatif arus lalu lintas tidak terlalu padat. Jalan paralel masih bisa digunakan," ucapnya.

Sebanyak 300 petugas Dinas Perhubunggan dikerahkan untuk mengatur lalu lintas. Mereka akan disiagakan di titik-titik persimpangan. Tujuannya untuk menginformasikan kepada pengendara yang melintas. "Kami kerahkan sebanyak 300 petugas," ucapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1207 personFolmer
  2. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1138 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1137 personAnita Karyati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye937 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye936 personNurito