You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
750 Petugas Jaga Kebersihan Rute Jakarta Marathon
Sebanyak 750 petugas kebersihan disiagakan untuk menjaga kebersihan rute-rute yang dijadikan lintasan lomba lari Mandiri Jakarta Marathon 2014. Ratusan personel itu bertugas membersihkan rute sebelum maupun setelah berlangsungnya ajang lomba lari in.
photo doc - Beritajakarta.id

750 Petugas Jaga Kebersihan Jakarta Marathon

Sebanyak 750 petugas kebersihan disiagakan untuk menjaga kebersihan rute-rute yang dijadikan lintasan lomba lari Mandiri Jakarta Marathon 2014. Ratusan personel itu bertugas membersihkan rute sebelum maupun setelah berlangsungnya ajang lomba lari internasional itu.

Mulai pukul 00.00 hari Minggu personel kami akan mulai bergerak membersihkan seluruh rute

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Saptastri Ediningtyas Kusumadewi, mengatakan, sebanyak 750 petugas akan membersihkan jalan di tiga wilayah yang menjadi rute Jakarta Marathon 2014 yaitu wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.

Pihaknya juga telah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) untuk membersihkan jalan sebelum dan sesudah kegiatan Jakarta Marathon 2014.

Tempat Hiburan Malam Wajib Tutup Lebih Awal

“Mulai pukul 00.00 hari Minggu personel kami akan mulai bergerak membersihkan seluruh rute. Pukul 03.00 WIB seluruh rute ditargetkan telah steril dari sampah. Saya dan tim akan mengadakan pengecekan langsung. Selanjutnya, jam 9.00 WIB setelah kegiatan Jakarta Marathon berakhir, personel kebersihan akan kembali bergerak membersihkan lokasi eks marathon,“ ujarnya dalam siaran pers yang diterima beritajakarta.com, Minggu (26/10).

Bahkan, kata Ediningtyas, sejak beberapa hari lalu, pihaknya sudah mulai membersihkan sejumlah kali atau sungai yang berada di sepanjang rute Jakarta Marathon tersebut. 

“Kami berharap seluruh warga Jakarta khususnya yang akan menyaksikan acara itu untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Menurut informasi akan ada pelari dari 15 negara, mari kita jaga nama baik ibu kota negara,” ujarnya.

Selain mengerahkan ratusan personel penyapu jalan, jelas Ediningtyas, Dinsih DKI juga akan mengerahkan kendaraan operasional untuk menunjang pembersihan di rute Jakarta Marathon 2014.

"Peralatan yang kami siapkan di antaranya lima street sweeper (penyapu jalan otomatis), 7 truk sampah,  26 kijang lintas pengawas kebersihan, 14 toilet mobile, 4 truk tangki air bersih, 3 truk tinja, 100 tong sampah roda, 1.000 kantong sampah, dan 750 sapu lidi," ungkapnya. 

Sekadar diketahui, Kegiatan Jakarta Marathon 2014 merupakan bagian dari Festival Budaya Jakarta Marathon yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Olahraga dan Pemuda) untuk kedua kalinya ini mengambil tema Festival City Marathon.

Awalnya, Presiden Joko Widodo dan Plt Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama akan hadir pada acara ini. Namun Jokowi dan Ahok batal hadir dalam acara yang telah digelar sejak tahun 2013 silam.

Sejumlah atlet nasional maupun internasional turut hadir dalam acara Jakarta Marathon 2014 di antaranya Agus Prayoga, Atjong Tio, Mery Paijo, dan Erni Ulatningsih, Nixon Machichim, dan Peter Nkya.

Acara lomba lari ini juga dimeriahkan oleh festival budaya Betawi, parade karnaval Nusantara, dan pesta kuliner. Terdapat 20 panggung hiburan yang tersebar di 20 titik sepanjang rute lari.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye977 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing