You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sebanyak 11 hidran dari 164 hidran yang ada di Jakarta Barat hilang dengan cara dipotong.
.
photo doc - Beritajakarta.id

Percepat Pemadaman, Hidran Kering Ditambah

Beragam cara dilakukan untuk mempercepat proses pemadaman api saat terjadi kebakaran di Jakarta Barat. Salah satunya dengan menambah jumlah hidran kering di wilayah rawan kebakaran.

Hidran kering ini diharapkan efektif untuk membantu memadamkan api jika mobil pemadam sulit menjangkau lokasi kebakaran

Apalagi berdasarkan data Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) Jakarta Barat, hingga Oktober, di wilayah ini telah terjadi 221 kasus kebakaran dengan kerugian mencapai Rp 3,5 miliar. 

Kepala Seksi Operasional Sudin Damkar dan PB Jakarta Barat, Abdul Wahid mengatakan, pihaknya akan memasang empat hidran kering untuk mempercepat proses pemadaman api jika terjadi musibah kebakaran. Keempat hidran itu masing-masing akan dipasang di  kawasan Jembatan Besi, Duri Utara, Kembangan dan Kebon Jeruk.

11 Hidran di Jakbar Hilang

"Yang sudah dipasang di daerah Jembatan Besi, sedangkan tiga lainnya masih dalam proses lelang ULP," kata Wahid, Minggu (26/10).

Wahid menjelaskan, anggaran pembelian serta pemasangan hidran kering itu mencapai Rp 2,6 miliar. Hidran kering itu sendiri merupakan salah satu solusi apabila terjadi kebakaran di wilayah sempit yang padat penduduknya.

"Hidran kering ini diharapkan efektif untuk membantu memadamkan api jika mobil pemadam sulit menjangkau lokasi kebakaran," ujar Wahid.

Wahid menerangkan, cara kerja hidran kering ini sebagai pipa penghubung dari mobil tangki air ke lokasi kebakaran. Hidran kering ini mempunyai titik inlet dan outlet yang terhubung melalui pipa bawah tanah yang dibiarkan kering. Titik inlet biasanya berada di lokasi dekat jalan raya sedangkan outlet berada di hidrannya.

"Jadi ketika kebakaran terjadi, petugas tinggal menghubungkan selang dari tangki air ke inlet. Air akan mengalir hingga ke outlet sehingga petugas tinggal menghubungkan selang dari outlet untuk memadamkan api," papar Wahid.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye896 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye811 personAldi Geri Lumban Tobing