You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sandi Luncurkan Platform BERiDE
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Wagub Luncurkan Portal Penyampaian Ide

Bekerja sama dengan pengembang platform digital, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan layanan interaktif penyampaian ide atau gagasan melalui portal jakarta.beride.id.

Sangat mungkin lahir ide-ide yang benar-benar fresh atau out of the box

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, BERiDE merupakan babak baru dari bentuk partisipatif-kolaboratif dalam pembangunan kota. Portal yang juga akan dikembangkan dalam platform mobile apps ini hadir sebagai perangkat yang menjadikan warga sebagai co-creator Jakarta menuju City 4.0.

"BERiDE akan menampung partisipasi masyarakat dalam memberikan ide untuk menata Jakarta menjadi lebih liveable dan sustainable," kata Sandi, usai melakukan launching BERiDE di Jakarta Smart City Lounge, Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (23/5).

Pemprov DKI Luncurkan Aplikasi JakEvo

Sandi menjelaskan, BERiDE dikembangkan sebagai inkubator dan etalase ide dengan harapan menjadi jembatan antara aspirasi warga kota dengan instansi yang berwenang. Selain itu, mampu menggulirkan ide, menginisiasi kolaborasi berbagai pihak, menggalang dana, hingga membawa ide tersebut menjadi nyata bagi kebaikan Jakarta.

"Sangat mungkin lahir ide-ide yang benar-benar fresh atau out of the box dari sini," terangnya.

Menurutnya, ke depan BERiDE juga akan mengembangkan fitur berupa point reward, crowd funding, dan pemanfaatan artificial intelligence dalam kurasi ide.

"Mereka akan tumbuh berkembang. Tapi pada titik tertentu, sangat mungkin ada kerja sama juga dengan misalnya MRT Jakarta, Jakpro, maupun swasta untuk memberikan reward kepada masyarakat yang memberikan ide," ungkapnya.

Sandi mengapresiasi, rencana pengumpulan ide dalam bentuk sayembara sekaligus untuk memecahkan rekor MURI yang akan diselenggarakan pada 23 Mei-23 November 2018.

BERiDE, sambungnya, didukung oleh Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Provinsi DKI Jakarta dalam publikasi dan dukungan teknis serta penyelenggaraan sayembara di Jakarta. Ide-ide kreatif dan inovatif terpilih akan ditindaklanjuti setelah sebelumnya melalui tahap kurasi.

"Kami apresiasi dan mudah-mudahan ini menjadi satu titik yang sangat menentukan. Kita berharap, target seribu ide akan menghasilkan satu percepatan partisipasi dari warga sebagai co-creator," tandasnya.

Untuk diketahui, langkah-langkah yang diperlukan untuk submit ide cukup mudah. Caranya, buat akun di BERiDE melaui portal jakarta.beride.id untuk melakukan registrasi lalu konfirmasi akun melalui e-mail dan selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk yang tersedia.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati