You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 DKI Berbagi Pengalaman di Forum ASEAN Smart City Governance Workshop
.
photo doc - Beritajakarta.id

DKI Berbagi Pengalaman di Forum ASEAN Smart City Governance Workshop

DKI Jakarta dipilih sebagai salah satu kota peserta dalam Association of Southeast Asian Nations Smart Cities Governance Workshop (ASEAN SCGW) yang berlangsung di Singapura, 22-25 Mei 2018.

Konsep Smart City penting dalam mengelola daerah dengan cara-cara cerdas dan pendekatan inovatif, khususnya dalam penyediaan layanan publik

Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Gunawan menuturkan, yang mendasari Kemendagri menunjuk dalam penetapan DKI Jakarta sebagai salah satu daerah percontohan dalam ASEAN Smart City Network (ASCN) adalah kesepakatan ibukota sebagai daerah percontohan disamping mengingat permasalahan sebagai ibukota negara. 

DKI Jadi Salah Satu Percontohan ASEAN Smart Cities Governance

"Konsep Smart City penting dalam mengelola daerah dengan cara-cara cerdas dan pendekatan inovatif, khususnya dalam penyediaan layanan publik," kata Gunawan, Jumat (25/5).

Dijelaskannya, untuk level kota, dalam forum ini Indonesia diwakili oleh Makasar. Sementara, Banyuwangi mewakili untuk tingkat kabupaten. 

Ia berkesempatan memaparkan project-project penanganan permasalahan kota yang akan dijalankan dengan menerapkan konsep smart city pada Pemprov DKI Jakarta, Kota Makassar, dan Kabupaten Banyuwangi. 

"Melalui kesempatan itu, terbuka peluang untuk mendapatkan dukungan partner kerja sama dalam meningkatkan keberhasilan di wilayah masing-masing. Kita akan terus sosialisasi dan sebarluaskan informasi terkait perlunya pemerintah daerah menuju ke smart governance. Ini jadi bagian tugas dari Kemendagri untuk melakukan pembinaan," ungkapnya.

Ia menambahkan, khusus untuk DKI Jakarta, forum ini menjadi kesempatan emas untuk berbagi pengalaman dengan Ibukota dari negara lain dalam menajawab tantangan perkotaan ke depan. Tidak hanya itu, melalui proyek yang dibahas di ASEAN SCGW diharapkan Pemprov DKI Jakarta dapat menemukan solusi alternatif terkait transportasi publik dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui program kewirausahaan UMKM di Jakarta. 

"DKI Jakarta dengan OK OTrip dan program yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat OK OCE diharapkan mampu menarik pihak-pihak yang ingin berpartisipasi dalam implementasinya," ujar Gunawan.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta selaku Chief Smart City Officer DKI Jakarta, Dian Ekowati mengatakan, forum tersebut menjadi sarana saling berbagi pengalaman dan belajar dengan tujuan implementasi Smart City untuk mengatasi beragam persoalan kota.

"Dalam forum itu kita menyampaikan mengenai penggunaan konsep Smart City dalam program OK OCE dan OK OTrip. Melalui forum itu, kita juga berkesempatan menambah wawasan untuk meningkatkan kualitas Jakarta sebagai Smart City," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1039 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye829 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati
KONTAK KAMI

Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. II Jakarta
local_phone +62 21 3822356
email redaksi@beritajakarta.id

TAUTAN LAINNYA
Tentang Kami | Sitemap | Infografis

© copyright 2001 - 2024 All Rights Reserved