You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Lahan Pertanian di Jaktim Semakin Minim
Semakin berkembangnya bisnis properti dan pembangunan infrastruktur membuat kawasan pertanian di Jakarta Timur sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, banyak lahan pertanian yang dikelola grup tani yang dibina Pemkot Jakarta Timur semakin minim..
photo Hendi Kusuma - Beritajakarta.id

Lahan Pertanian di Jaktim Semakin Minim

Semakin berkembangnya bisnis properti dan pembangunan infrastruktur membuat kawasan pertanian di Jakarta Timur sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, banyak lahan pertanian yang dikelola grup tani yang dibina Pemkot Jakarta Timur semakin minim.

Saat ini lahan pertanian yang kita kelola semakin minim karena perkembangan bisnis properti dan berbagai pembangunan infrastrktur

"Saat ini lahan pertanian yang kita kelola semakin minim karena perkembangan bisnis properti dan berbagai pembangunan infrastrktur," ujar Kepala Seksi Pertanian Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Jakarta Timur, Sugeng, Minggu, (2/11).

Dikatakan Sugeng, kawasan pertanian saat ini masih sangat dibutuhkan. Tingginya laju pertumbuhan penduduk di Jakarta Timur otomatis kebutuhan pangan semakin meningkat. Selain itu masyarakat juga masih membutuhkan produk olahan pertanian yang berkualitas.

Pertanian Sekitar Perumahan Atasi Lahan Minim

"Kita khawatir jika lahan pertanian semakin minim maka kebutuhan pangan di wilayah dapat terganggu. Selain itu para petani yang kita bina masih perlu bahan baku untuk membuat produk olahan yang berkualitas," tambah Sugeng.

Berdasarkan data Sudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Timur, selama tahun 2013 luas lahan sawah yang ada di wilayah perbatasan Jakarta Timur mencapai 205 hektare. Saat ini tersisa 41,278 hektare. Pihaknya berharap sisa lahan yang ada tetap dijadikan sebagai lahan pertanian dan tidak dijual kepada pengembang properti.

"Lahan kita hanya tersisa 41,278 hektare yaitu, 6,278 hektare di Kecamatan Cakung dan 35 hektare di Kecamatan Makasar. Kita berharap sisa lahan yang ada jangan dijual kepada pengembang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2984 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2932 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2916 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2870 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2674 personAldi Geri Lumban Tobing