You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jelang Musim Hujan, 1.500 Pohon di Jaksel Ditoping
Antisipasi musim penghujan yang semakin dekat dilakukan oleh pemerintah. Bukan hanya berusaha menghilangkan banjir atau genangan, mencegah adanya kecelakaan pohon-pohon yang rimbun juga mulai ditoping..
photo doc - Beritajakarta.id

Antisipasi Tumbang, 1.500 Pohon Dipangkas

Untuk mengantisipasi pohon tumbang saat musim penghujan tahun ini, Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan telah memangkas sekitar 1.500 pohon yang tersebar di sepuluh kecamatan di wilayah itu. Pemangkasan pohon ini dimaksudkan untuk meminimalisir risiko jatuhnya korban jiwa maupun kerugian materi jika pohon tersebut tumbang akibat angin kencang.

Untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan, dalam sebulan terakhir sudah ada sekitar 1.500 pohon yang kita pangkas

Sebagian besar pohon yang dipangkas berjenis angsana. Karena pohon perindang jenis itu memang paling rawan tumbang jika terkena angin dan hujan.

"Untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan, dalam sebulan terakhir sudah ada sekitar 1.500 pohon yang kita pangkas," kata Marfuah, Kepala Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan, Senin (3/11).

Rawan Tumbang, 300 Pohon di Jakbar Dipangkas

Pohon yang dipangkas, kata Marfuah, yaitu pohon dengan cabang banyak dan berdaun rimbun. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi beban pohon saat bergerak mengikuti tiupan angin. "Semakin rimbun, beban pohon akan makin berat. Makanya, kita kurangi bebannya agar saat kena angin kencang tidak tumbang," jelasnya.

Ada beberapa lokasi di Jakarta Selatan yang memang rawan terjadi pohon tumbang. "Seperti di Kebayoran Baru, Cilandak, Mampang, sepanjang jalan Permata Hijau hingga Arteri Pondok Indah, dan Mampang. Agak berisiko karena pohon-pohonnya banyak berada di jalan yang memang ramai kendaraan," ucapnya. 

Dia menjelaskan, sejak Oktober 2013 hingga Maret 2014  sudah 144 pohon tumbang di wilayah Jakarta Selatan. "Sekitar 50 persen terjadi di wilayah Kebayoran Baru," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1220 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1115 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1046 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye912 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye837 personAldi Geri Lumban Tobing