You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Siapkan Rp 1,2 Trilun Bangun Wisma Atlet untuk ASIAN Games
Sebagai tuan rumah ASIAN Games 2018 mendatang, Pemprov DKI Jakarta akan membangun infrastruktur pendukung. Salah satunya yakni pembangunan wisma atlit yang mampu me.
photo doc - Beritajakarta.id

Rp 1,2 Triliun untuk Bangun Wisma Atlet Asian Games

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap menggelontorkan dana triliunan rupiah untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang. Apalagi, Jakarta sebagai salah satu kota yang menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Semuanya sudah dianggarkan di APBD 2015, sudah berjalan. Untuk wisma atlet kira-kira dianggarkan Rp 1,2 triliun

Pemprov DKI telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun untuk pembangunan wisma atlet yang dapat menampung ribuan peserta dan ofisial dari negara peserta. 

"Semuanya sudah dianggarkan di APBD 2015, sudah berjalan. Untuk wisma atlet kira-kira dianggarkan Rp 1,2 triliun," kata Andi Baso Mapapolenro, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, di Balaikota, Senin (3/11).

KONI Kirim 20 Atlet ke Tiongkok dan Australia Persiapan Asian Games

Selain wisma atlet, Pemprov DKI Jakarta juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun untuk pembangunan Stadion Bersih Manusiawi Wibawa (BMW), di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Stadion tersebut diharapkan menjadi stadion utama Asian Games 2018 selain Gelora Bung Karno (GBK).

Pembangunan Stadion BMW telah dilakukan peletakan batu pertama oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, beberapa waktu lalu. Semua pembangunannya dianggarkan secara multiyears atau tahun jamak. Diharapkan, pada 2018 mendatang pembangunan stadion dan wisma atlet rampung sehingga dapat digunakan untuk pesta olahraga empat tahunan itu. 

"Semuanya saya rasa akan multiyears (anggaran), termasuk untuk merenovasi Velodrome, Jakarta Timur sebesar Rp 800 miliar," ujarnya.

Dia pun mengaku tidak ada kendala koordinasi dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Menurutnya, meski baru terjadi pergantian menteri dari Roy Suryo, era Presiden SBY, ke Imam Nachrowi di era Presiden Joko Widodo, koordinasi tetap berjalan dengan baik.

"Belum dapat resmi dari presiden mana bagian DKI dan Kemenpora. Sambil menunggu, kita sudah koordinasi terlebih dahulu mana bagian tugas kita, sudah tahu lah kita tugasnya mana," ujarnya.

Seperti diketahui, pada 2018 mendatang DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah Asian Games. Selain Jakarta, ada dua kota lagi yang ikut dalam penyelenggaraan yakni Palembang dan Bandung. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama telah menandatangani penunjukan Jakarta sebagai tuan rumah di Incheon, Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1120 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye933 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye895 personAldi Geri Lumban Tobing