You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
84 Peserta Ikuti Bimtek Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di Jaktim
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

84 Peserta Ikuti Bimtek Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di Jaktim

Sebanyak 84 peserta mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan dan pelayanan informasi publik di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (26/7). Kegiatan yang digagas Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI ini dibuka oleh Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar. 

Saya harap pelayanan PPID dapat menjadi pintu utama untuk memberikan informasi terbaik kepada masyarakat maupun kepada media massa

Diskominfotik Bakal Gelar Bimtek PPID di Lima Wilayah Kota

Anwar mengatakan, sebagai bentuk implementasi Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), seluruh badan publik diwajibkan membuka informasi sebagai bagian pelayanan kepada masyarakat. 

Terkait hal itu, lanjut Anwar, Dinas Kominfotik DKI telah ditunjuk sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) DKI sesuai dengan Pergub Nomor 175 Tahun 2016 tentang Layanan Informasi Publik. Dalam tugasnya, Diskominfotik dibantu PPID di satuan dan unit kerja daerah untuk menyediakan dan mengelola data dan informasi yang dapat diakses oleh masyarakat..  

"Hal ini sejalan dengan arahan gubernur bahwa seluruh perangkat daerah harus mengoptimalkan tugas dan fungsi kerja PPID sebagai penyedia informasi utama," kata Anwar.

Anwar berharap, dari Bimtek ini seluruh PPID di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan di Jakarta Timur dapat mengelola data dan informasi dengan baik, sehingga dapat meminimalisir potensi terjadinya sengketa informasi. 

"Melalui Bimtek ini, saya harap pelayanan PPID dapat menjadi pintu utama untuk memberikan informasi terbaik kepada masyarakat maupun kepada media massa," tukasnya.

Kepala Bidang Informasi Publik, Diskominfotik DKI Jakarta, Raides Aryanto menambahkan, melalui Bimtek ini pihaknya akan terus mendorong seluruh PPID di tingkat SKPD/UKPD, wali kota, kecamatan, kelurahan sampai BUMD agar dapat mengelola informasi sesuai keinginan publik. 

"Untuk tahap awal ini, kami ingin memberikan pemahaman pada SKPD/UKPD untuk melakukan evaluasi, revisi bagaimana menyusun informasi yang dikecualikan. Kemudian, informasi yang akan dipublis di portal layanan PPID DKI," ungkap Raides. 

Sementara, Kasudin Kominfotik Jakarta Timur, Yuliarto menjelaskan, 84 peserta yang ikut dalam bimtek ini berasal dari PPID kelurahan dan kecamatan se Jakarta Timur. Sedangkan dari suku dinas atau suku badan tidak dilibatkan dalam kegiatan ini karena PPID nya tergabung di tingkat dinas maupun badannya masing-masing.

“Mudah-mudahan dengan bimtek ini para pejabat di tingkat kelurahan dan kecamatan memahami secara global tentang PPID serta Undang Undang nomor 14 tahun 2008 tentang informasi publik,” ucap Yuliarto.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber dari fungsioner Komisi Informasi Publik (KIP) Pusat I Gede Narayana, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Titi Susanti serta dari Komisi Informasi Publlik DKI, Alamsyah.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1106 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye870 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye783 personBudhi Firmansyah Surapati
KONTAK KAMI

Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. II Jakarta
local_phone +62 21 3822356
email redaksi@beritajakarta.id

TAUTAN LAINNYA
Tentang Kami | Sitemap | Infografis

© copyright 2001 - 2024 All Rights Reserved