You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Gulkarmat dan Djarum Foundation Gelar Lomba Ketangkasan Satgas Pencegahan Kebakaran
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Lomba Ketangkasan Satgas Pencegahan Kebakaran Digelar di Tambora

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta bersama Djarum Foundation menggelar Lomba Ketangkasan Satgas Pencegahan Kebakaran di Lapangan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Tambora, Jakarta Barat, Minggu (12/8).

Ini merupakan wujud kecintaan dan partisipasi masyarakat dalam suasana HUT RI, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mereka dalam upaya untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Subejo mengatakan, Djarum Sumbangsih Sosial konsisten membekali kemampuan warga di Kecamatan Tambora dan Cengkareng melalui program Pelatihan Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Kebakaran sejak tahun 2012.

Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dan sarana mempraktikan kembali kemampuan pencegahan kebakaran. Seremoni dan perlombaan tersebut juga digelar dalam rangka menyambut dan memeriahkan peringatan HUT ke-73 RI.

1.950 Warga Tambora Dilatih Tangani Kebakaran

"Ini merupakan wujud kecintaan dan partisipasi masyarakat dalam suasana HUT RI, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mereka dalam upaya untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran," ujar Subejo di lokasi.

Menurut Subejo, sejak adanya program pelatihan Satgas Pencegahan Kebakaran, warga tidak lagi panik ketika terjadi kebakaran. Mereka sudah memiliki kemampuan untuk bereaksi cepat melakukan penanggulangan.

Subejo menambahkan, untuk menekan frekuensi kebakaran di DKI Jakarta, selain mengandalkan upaya pemerintah melalui Dinas Gulkarmat dan stakeholder lain diperlukan peran aktif masyarakat dalam memahami penyebab dan mampu melakukan penanggulangan awal kebakaran.

"Salah satu contoh sederhana, pelatihan ini terbukti membuat warga tidak panik atau kebingungan ketika ada kebakaran. Kalau dulu cuma panik, sekarang mereka bisa bereaksi melakukan langkah-langkah penanggulangan awal secara efektif," kata Subejo.

Program Manager Bakti Sosial Djarum Foundation, Budi Darmawan menjelaskan, lomba ketangkasan pencegahan kebakaran ini digelar sebagai bagian dari upaya penyegaran kesiapsiagaan Satgas Pencegahan Kebakaran secara berkelanjutan.

"Kita secara bersama-sama berupaya memberdayakan warga agar memiliki kesadaran dan kemampuan untuk mencegah terjadinya kebakaran sedini mungkin. Dengan apel siaga dan lomba ketangkasan ini kita ingin memberikan ruang sekaligus apresiasi terhadap kemampuan warga dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran," kata Budi Darmawan.

Untuk diketahui, perlombaan dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp 32 juta ini diikuti oleh sekitar 400 Satgas yang berasal dari 67 RW di Kecamatan Tambora dan Cengkareng, Jakarta Barat. Mereka beradu ketangkasan beregu dalam upaya memadamkan api dengan cepat dan tepat.

Adapun penilaian dari perlombaan ini selain ketangkasan dan kecepatan warga saat terjadi api kecil, juga kekompakan tim, dan kemampuan memadamkan api menggunakan alat tradisional (karung goni basah) dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3026 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2945 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2926 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2884 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2700 personAldi Geri Lumban Tobing