You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
10.809 Polisi Amankan Demo Buruh dan FPI
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

10.809 Polisi Amankan Demo Buruh dan FPI

Sebanyak 10.809 aparat kepolisian disiagakan untuk mengamankan aksi unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan buruh dan organisasi keagamaan yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ), Senin (10/11).

Kami menyiagakan 10.809 personel untuk mengantisipasi aksi demo buruh dan massa ormas yang berunjuk rasa di Balaikota DKI

"Kami menyiagakan 10.809 personel untuk mengantisipasi aksi demo buruh dan massa ormas yang berunjuk rasa di Balaikota DKI," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Unggung Cahyono, di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Ia mengatakan, puluhan ribu aparat kepolisian yang disiagakan pada hari ini terdiri dari 3.000 personel dari Polda Metro Jaya, 4.000 personel dari Polres Jakarta Pusat, 12 SSK dari Mabes Polri, serta 1.300 personel Brimob.

Basuki Siapkan Surat Rekomendasi Pembubaran FPI

"Totalnya 10.809 personel yang disiagakan untuk mengamankan dua agenda demo yakni massa dari buruh dan organisasi keagamaan. Kita ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat Jakarta," ujarnya.

Untuk pengamanan di gedung DPRD DKI dan Balaikota DKI, lanjut Unggung, pihaknya menyiagakan sekitar 900 personel aparat kepolisian. "Kami juga menyiagakan polisi di Istana Negara dan gedung DPR," tuturnya.

Unggung optimis aksi demo di gedung DPRD dan Balaikota DKI berlangsung aman dan kondusif. Sebab, perwakilan pengunjuk rasa telah diterima oleh pimpinan dewan.

"Kami persuasif simpatik. Silakan berdemo sesuai UU Nomor 9 Thn 1998, menyampaikan pendapat dimuka umum, saya jamin. Saya berikan pelayanan dengan baik. Insya Allah. Kita berdoa agar tetap kondusif dan aman," ungkapnya.  

Sementara itu, sebanyak 30 perwakilan pengunjuk rasa diterima oleh Wakil Ketua DPRD DKI, M Taufk, Abraham Lunggana alias Lulung. Tampak hadir Habib Rizieq Shihab dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 45 menit di lantai 9 gedung DPRD DKI tersebut. Usai dialog, M Taufik, Lulung dan sejumlah anggota dewan bersama perwakilan pendemo turun menemui ribuan massa yang berorasi di depan gedung dewan.

"Tadi, kita sudah dialog dengan utusan para jamaah. Apa yang disampaikan sejalan dengan pikiran kami. Kami akan lakukan sesuai undang-undang yang diberikan kepada dewan. Mohon demo juga harus tertib," tegas Taufik, saat berorasi di atas mobil pengeras suara.

Usai berorasi, ribuan massa meninggalkan gedung DPRD DKI dan melanjutkan aksi demo di depan gedung Balaikota.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1034 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye768 personBudhi Firmansyah Surapati