You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Proyek Saluran Air di Jl Kapuk Raya Mubazir
.
photo doc - Beritajakarta.id

Proyek Saluran Air di Jl Kapuk Raya Mubazir

Proyek perbaikan saluran air di Jalan Kapuk Raya, Cengkareng, Jakarta Barat senilai Rp 2,6 miliar, ternyata tidak mampu mengatasi genangan air di kawasan itu. Buktinya, saat hujan mengguyur, jalan itu tetap saja tergenang air hingga setinggi 25 sentimeter.

Baru hujan sebentar saja sudah tergenang hingga 25 sentimeter, bagaimana nanti pas hujan deras dan lama, bisa setinggi apa banjirnya

Rinan (50), Ketua RW 01, Kelurahan Kapuk menuturkan, perbaikan saluran pada sisi sebelah kanan Jalan Kapuk Raya yang lebarnya lebih dari 1,5 meter itu seperti mubazir. Pasalnya, saat hujan turun tetap saja jalan tersebut tergenang air hingga setinggi 25 sentimeter.

“Baru hujan sebentar saja sudah tergenang hingga 25 sentimeter, bagaimana nanti pas hujan deras dan lama, bisa setinggi apa banjirnya," kata Rinan, Jumat (14/11).

Puluhan Taman di Jakut Rawan Terendam Banjir

Rinan mengungkapkan, saluran air di Jalan Kapuk Raya dikerjakan tahun 2013 lalu. Seluruh saluran diganti dengan beton cetakan leter U. Namun sayangnya pengerjaan proyek dinilai asal-asalan. 

“Perbaikan saluran itu juga berdampak pada kondisi Kampung Apung. Lantaran pengerjaannya yang sembarangan, membuat Kampung Apung sampai saat ini tidak kunjung surut. Padahal, rencananya bila saluran sudah bagus, air dari Kampung Apung akan mengalir ke saluran. Tapi nyatanya tetap saja tergenang,” tegas Rinan.

Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Barat, Pamudji menjelaskan, awalnya perbaikan saluran air di Jalan Kapuk Raya sepanjang 515,6 meter dengan kedalaman dua meter dan lebar 1,8 sentimeter, diharapkan membuat genangan di Kampung Apung menjadi surut.

“Saluran air sudah kami benahi. Kemungkinan penyebab tetap tergenangnya jalan itu karena kondisi jalan yang rendah sehingga harus ditinggikan. Apalagi wilayah itu juga rawan rob,” ujar Pamudji.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1153 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1048 personAldi Geri Lumban Tobing