You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Kakeknya Diberi Gelar Pahlawan Nasional, Anies Diundang ke Istana
.
photo Mustaqim Amna - Beritajakarta.id

Kakeknya Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Anies Diundang ke Istana

Menjadi tanggung jawab kita untuk meneruskan apa yang sudah beliau perjuangkan

Abdur Rahman Baswedan, yang tak lain adalah kakek dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendapatkan kehormatan dianugerahi gelar sebagai Pahlawan Nasional. Secara khusus, Anies beserta keluarga pun diundang untuk menghadiri seremonial acara di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat.

Anies mengenang, kakeknya yang terlahir pada 9 September 1908 kerap mengajaknya untuk ke kantor pos. Sebagai seorang jurnalis kakeknya selalu lekat dengan kamera dan recorder hingga ada ratusan koleksi rekaman pembicaraan.

Anies Kagumi Sosok Haji Agus Salim

"Semua bahan beritanya pasti harus bermutu, saya sering diminta jadi juru tulis. Beliau selalu setelah selesai mendikte di ujung surat itu, selalu bilang tulisan ini ditekan dan diketik oleh cucu saya," ujarnya, Kamis (8/11).

Anies merasa bangga saat mengetahui tindakan kakeknya tersebut, meskipun awalnya tidak sadar dan baru mengetahuinya di kemudian hari.

"Ternyata beliau ingin memberitahu pembaca tulisannya di surat kabar bahwa cucunya turut berkontribusi dalam karyanya. Saya sangat bersyukur sekali bisa tumbuh besar dan berinteraksi dengan beliau di Yogyakarta," ungkap Anies.

Anies menceritakan, kakeknya pernah menjadi salah satu anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Bahkan, kakeknya pernah mengemban misi diplomatik penuh perjuangan untuk membawa dokumen pengakuan de facto dan de jure dari Pemerintah Mesir atas Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Beliau diangkat Presiden Soekarno sebagai Menteri Muda Penerangan pada tahun 1947," terangnya.

Anies menambahkan, kakeknya wafat pada 16 Maret 1986 atau di usia 71 tahun. Sebelum wafat, Abdur Rahman Baswedan juga menghasilkan karya autobiografinya berjudul 'Beberapa Catatan tentang Sumpah Pemuda Indonesia Keturunan Arab'.

"Sekarang kami akan menghadiri pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada kakek kami, Abdur Rahman Baswedan. Menjadi tanggung jawab kita untuk meneruskan apa yang sudah beliau perjuangkan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1271 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1237 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1188 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1071 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye809 personFolmer