You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Bantaran Kali dan Waduk di Jakut Dibangun Jalan Inspeksi
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Bantaran Kali dan Waduk di Jakut Dibangun Jalan Inspeksi

Mengantisipasi luapan dari sejumlah sungai dan waduk, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara memprioritaskan program refungsi 12 waduk dan kali pada tahun 2015 mendatang. Selain pengerukan, refungsi juga akan dilakukan di bantaran dengan pembangunan jalan inspeksi.

Jalan inspeksi pun bisa membantu mengurai kemacetan di Jakut. Karena nantinya bisa jadi jalur alternatif kendaraan

12 kali dan waduk yang akan direfungsi dan dibangun jalan inspeksi diantaranya, sisi barat Kali Sentiong, Kali Sunter, Kali Angke, Kali Karang, Waduk Pluit Sisi Timur, Kali Cakung Drain, Kali Betik sisi selatan, Kali Angkasa, Kali Lagoa Buntu, Kali Cakung Lama dan Kali Banglio. Rencananya, jalan inspeksi akan dibangun dengan lebar sekitar 7 meter.

Sekretaris Kota Jakarta Utara, Junaedi, mengatakan, normalisasi terhadap sejumlah kali dan waduk di Jakarta tidak akan optimal bila sekitar bantaran tidak ditertibkan. Sebab, rumah di bantaran kali umumnya menjorok ke dalam kali dan mengganggu aliran air.

Jalan Inspeksi Saluran PHB Pulogadung Ambles

"Selain itu, kegiatan normalisasi pun bakal terganggu dengan adanya rumah warga. Oleh karena itu, akan kita tertibkan dan bangun jalan inspeksi agar tidak kembali diserobot," katanya, Kamis (20/11).

Saat ini, pihaknya sudah meminta pihak kelurahan untuk mendata jumlah bangunan warga dan kepala keluarga (KK) di sekitar bantaran kali. Setelah pendataan, baru akan dikaji apakah dilakukan penggantian bangunan atau relokasi warga.

"Yang pasti itu jumlahnya ribuan. Kalau program ini bisa terealisasi, saya yakin lokasi genangan di Jakut jumlahnya bisa ditekan," ujarnya.

Sementara itu, Plt Walikota Jakarta Utara, Tri Kurniadi, mengatakan, pihaknya sudah meminta kepada Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait seperti, Sudin PU Tata Air, PU Jalan, Sudin Perindustrian dan Energi serta Sudin Pertamanan, agar secara terpadu mewujudkan program tersebut. Masing-masing UKPD nantinya akan bertanggung jawab menangani proyek sesuai bidangnya.

"Jalan inspeksi pun bisa membantu mengurai kemacetan di Jakut. Karena nantinya bisa jadi jalur alternatif kendaraan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1810 personNurito
  2. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1809 personNurito
  3. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1802 personAnita Karyati
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1779 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1730 personAnita Karyati