You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas LH Tambah 36 Truk Compactor Tahun Ini
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas LH Tambah 36 Truk Compactor Tahun Ini

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menambah 36 armada pengangkut sampah berjenis compactor tahun ini. Penggunaan truk compactor tersebut dapat mencegah sampah yang diangkut jatuh berceceran di jalan serta dapat lebih meredam bau sampah selama perjalanan.

Total anggaran untuk pengadaan truk compactor itu sebesar Rp 40 miliar

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas LH DKI Jakarta, Hari Nugroho merinci, untuk pengadaan 36 truk compactor tersebut terdiri dari, 28 unit berkapasitas enam meter kubik, dan delapan unit berkapasitas 15 meter kubik.

"Total anggaran untuk pengadaan truk compactor itu sebesar Rp 40 miliar," ujarnya, Rabu (28/11).

Dinas LH Beli Garbage Bin untuk Modernisasi Pengumpulan Sampah

Menurutnya, setelah pengadaan tersebut terealisasi, selanjutnya akan disebar ke lima wilayah kota untuk mendukung optimalisasi pengangkutan sampah menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Kami menargetkan, pengadaan tersebut bisa terealisasi paling lambat Desember mendatang. Seiring adanya penambahan, truk-truk konvensional yang sudah tidak laik pakai akan dilakukan penghapusan aset," terangnya.

Hary menjelaskan, truk compactor yang sudah didesain tertutup di bagian atasnya tersebut sudah dilengkapi alat untuk memadatkan sampah pada bagian baknya. Sehingga, dapat meminimalisasi air licit yang berbau menetes ke jalan saat proses pengangkutan.

"Muatan dalam satu unit truk sampah compactor setara dua hingga tiga truk konvensional. Truk compactor lebih ramah lingkungan, efektif dan efisien," terangnya.

Hari menambahkan, Dinas LH telah memiliki 91 truk compactor berkapasitas 10 meter kubik, 25 truk compactor berkapasitas 12 meter kubik, dan 50 unit truk compactor berkapasitas 15 meter kubik.

"Tahun depan kita berencana menambah 75 unit truk compactor. Targetnya, sekitar 1.000 truk pengangkut sampah Dinas LH akan terus diremajakan menjadi berjenis compactor dalam tiga hingga empat tahun mendatang," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, di Tahun Anggaran (TA) 2018, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga akan membeli Garbage Bin atau tempat sampah kapasitas 660 liter buatan Jerman untuk menunjang operasional truk compactor.

Satu Garbage Bin dapat menampung sampah yang dihasilkan kira-kira 330 warga atau sekitar 70 kepala keluarga.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2986 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2933 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2916 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2871 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2676 personAldi Geri Lumban Tobing