You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pertemuan dengan menteri negara kementerian singapura
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Ahok: Pembangunan Jakarta Mengacu Pada Singapura

Pembenahan kota Jakarta akan mengacu pada Singapura. Terlebih, beberapa tahun lalu, kota Singapura juga memiliki problem kesemrawutan seperti Jakarta. Namun, pemerintah dan masyarakat Singapura berhasil mengatasi persoalan tersebut.

Bagaimanapun juga kalau kita mau bangun kota, saya katakan paling gampang itu nyontek Singapura

"Bagaimanapun juga kalau kita mau bangun kota, saya katakan paling gampang itu nyontek Singapura. Dia sudah punya pengalaman," kata Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta usai bertemu Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Teo Ser Luck, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (25/11).

Ia mengatakan, salah satu permasalahan yang berhasil diatasi oleh pemerintah Singapura adalah pengolahan air limbah dan air bersih.

DKI Gelar Jakarta Cosplay Parade

"Pemerintah Singapura juga berhasil membuat warga secara sukarela menyerahkan sebagian lahan miliknya untuk pembangunan sarana transportasi massal. Caranya yakni menaikkan koefisien lantai bangunan (KLB) bagi warga yang terkena dampak pembangunan," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Basuki, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga akan menaikkan KLB di kawasan yang dilintasi oleh sarana transportasi massal berbaris rel.

"Kita ingin seperti di Singapura. Jadi, rumah warga yang dilewati kereta boleh tinggi. Gedung Anda boleh tinggi kalau dilewati mass rapid transit. Kita ingin nyontek banyak dari Singapura," ungkapnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menjelaskan, pertemuan bersama Teo Ser Luck membahas soal rencana kerja sama yang akan dilakukan Pemprov DKI dan Singapura baik dalam bidang industri, transportasi, maupun pembangunan lainnya.

Untuk itu, pertemuan hari ini akan ditindaklanjuti dengan jajaran petinggi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun ke Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta.

"Kita bisa bangun kawasan industri bersama, reklamasi bersama, kereta barang, pengolahan air limbah, banyaklah pokoknya. Jakarta sudah punya masterplan, transportasi massal dengan RTH yang cukup. Jadi, Jakarta mesti dibuat enak orangnya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pj Gubernur DKI Resmikan Groundbreaking Pembangunan RDF Rorotan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1560 personFolmer
  2. O2SN Kecamatan Makasar Diikuti 165 Murid SD

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1494 personNurito
  3. 388 Jamaah Haji Jakarta Kloter Pertama Telah Diberangkatkan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1473 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pengerukan Saluran Air di Jalan Adhyaksa VI dan VII Tuntas

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1457 personTiyo Surya Sakti
  5. Upaya Pemprov DKI Berdayakan Produk Lokal Diapresiasi Kemenperin RI

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1425 personAldi Geri Lumban Tobing