You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tak Deklarasikan Sekolah Anti Korupsi, Kepsek Terancam Dicopot
Tak Deklarasikan Sekolah Anti Korupsi, Kepsek Terancam Dicopot .
photo Nurito - Beritajakarta.id

Tak Deklarasikan Anti Korupsi, Kepsek Bakal Dievaluasi

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan mengevaluasi para kepala sekolah yang enggan mendeklarasikan sekolah anti korupsi. Disdik DKI menargetkan seluruh sekolah di ibu kota sudah mendeklarasikan sekolah anti korupsi sebelum tanggal 20 Desember mendatang. 

Kalau tidak mau (deklarasi), kepala sekolah dan wakilnya akan dicopot dari jabatannya. Jadi, tanggal 20 Desember kita canangkan semua sekolah di Jakarta bebas korupsi

"Kalau tidak mau (deklarasi), kepala sekolah dan wakilnya akan dicopot dari jabatannya. Jadi, tanggal 20 Desember kita canangkan semua sekolah di Jakarta bebas korupsi, bersih dan sehat," ujar Lasro Marbun, Kepala Disdik DKI saat menghadiri deklarasi sekolah anti korupsi di SMAN 113 Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (12/12).

Dikatakan Lasro, dari total 2.559 sekolah mulai dari TK-SMA/SMK Negeri di Jakarta, saat ini baru 153 sekolah atau 6,5 persen, yang telah mendeklarasikan sekolah anti korupsi. Sisanya akan mendeklarasikan secara bertahap. Meski begitu, Lasro menekankan, deklarasi yang dilakukan harus dengan kesadaran dan niatan sendiri dan bukan atas dasar ketrpaksaan.

55 Sekolah di DKI Deklarasikan Antikorupsi

Bagi yang tidak mampu, kata Lasro, akan dipanggil kepala sekolah dan wakilnya untuk diberi kesempatan berbenah. Jika masih tidak bisa menyesuaikan, maka risikonya jabatan kepala sekolah dan wakilnya akan dicopot.

"Dengan sendirinya, dari tanggal 20 Desember akan terjaring sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya," kata Lasro.

Kepala Sudin Pendidikan Menengah Jakarta Timur, Budiana mengatakan, di wilayahnya terdapat 40 SMAN dan 13 SMKN. Dari jumlah itu, baru 16 SMAN yang mendeklarasikan sekolah anti korupsi. Antara lain, SMAN 113, SMAN 44, SMAN 91, dan SMAN 98.

"Tanggal 17 Desember rencananya sudah ada 15 SMAN yang mendaftar. Sedangkan SMK akan dilakukan serempak namun waktunya belum ditentukan," ucap Budiana.

Kepala SMAN 113, Rita Hastuti menambahkan, sejak awal pihaknya sudah berkomitmen untuk tidak melakukan pungutan terhadap siswanya yang berjumlah 1.031 siswa. Sebab, sejauh ini sudah ada BOS/BOP yang sangat membantu untuk operasional sekolah dan membantu siswanya.

"Secara internal di sekolah, mulai dari OSIS, Komite Sekolah, karyawan, guru sudah komitmen untuk menjaga sekolah dari hal yang bersifat melanggar, termasuk pungli kepada siswa," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1048 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye935 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye913 personAldi Geri Lumban Tobing